Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Wanita

Cara-Cara untuk Menguatkan

Sebuah peribahasa Indian kuno, "Anda tidak pernah tahu bagaimana perasaan orang lain sampai Anda berjalan sejauh 1 mil dengan memakai sepatu sandalnya", mengajarkan sebuah pelajaran yang berharga.

Setiap hari tekanan bisa membuat orang kehilangan keberanian, semangat, dan kadang harapan. Sulit mengemban tanggung jawab-tanggung jawab kita tanpa ada harapan.

Tanpa keberanian, kita mungkin merasa tidak dicintai, tidak diinginkan, dan tidak diperlukan.

Sementara setiap orang mengalami keputusasaan dan kekhawatiran, beberapa orang dapat mengatasinya dengan lebih baik daripada yang lainnya. Orang-orang yang berada "di posisi atas" bisa menyediakan sebuah pelayanan yang penting bagi mereka yang mencoba mengatasi masalah-masalahnya.

Pertimbangkan beberapa cara berikut ini untuk menguatkan semangat orang lain, memberi harapan atau janji, dan mengangkat mereka.

  1. Ucapkan sebuah kata bijak pada orang yang pendiam dan lugu yang mungkin membutuhkan seorang teman.

  2. Tulislah sebuah pesan pada seseorang yang telah memberkati Anda melalui sebuah lagu, senyuman, kalimat yang menguatkan, atau sikap yang baik kepada salah satu anggota keluarga Anda. Tunjukkan rasa terima kasih Anda.

  3. Berikan bunga segar yang dipetik dari kebun Anda untuk mengatakan: "Saya mengingatmu."

  4. Sebagai seorang pemimpin, ekspresikan penghargaan di depan umum untuk mereka yang telah membantu Anda "mewujudkan sesuatu". Jangan lupa mengekspresikan penghargaan kepada wanita-wanita yang telah setia menghadiri persekutuan wanita.

  5. Berdoalah untuk mereka yang bekerja bagi Anda. Sebut nama mereka di hadapan Tuhan.

  6. Biarkan orang yang disakiti tahu bahwa Anda peduli. Senyum yang tulus dan jabatan tangan atau pelukan bisa sangat berarti.

  7. Kenalilah wanita-wanita yang mulai berperan aktif di persekutuan wanita.

  8. Berikan pengakuan melalui kata-kata yang menguatkan kepada pembawa renungan yang Anda dengarkan. Biarkan mereka tahu penghargaan Anda.

  9. Yakinlah bahwa pendeta Anda, istrinya, dan keluarganya tahu bahwa mereka dicintai dan dihargai.

  10. Jika seseorang tampaknya gagal dalam mengerjakan tugas tertentu, temukan sesuatu untuk melontarkan pujian. Ini akan membantu menenangkan dan mungkin dia akan terinspirasi untuk mencoba lagi.

  11. Tawarkan diri untuk duduk bersama anak-anak kecil atau orang-orang berusia lanjut yang membutuhkan perhatian penuh. Hal ini akan melegakan orang yang bertanggung jawab dan memberikan waktu pribadi.

  12. Libatkan seorang teman sebagai tamu dalam aktivitas Anda di rumah. Kunjungilah mereka sesekali.

  13. Bagikan beberapa biskuit atau roti yang baru matang kepada tetangga Anda.

  14. Tawarkan diri untuk membantu atau menyediakan transportasi untuk seseorang yang membutuhkan pertolongan.

  15. Bacakan sebuah buku untuk orang-orang yang telah lanjut usia atau rekamlah sebuah buku untuk mereka putar. Pilihlah topik-topik yang sedang hangat dibicarakan.

  16. Teleponlah secara rutin orang-orang yang hidup sendiri. Tanyakan keadaan mereka. Sediakan waktu untuk berbicara dengan mereka. Tinggalkan mereka dengan kata atau pikiran yang baik.

  17. Bantulah orang yang tidak memiliki pekerjaan dalam mencari pekerjaan. Jika mereka perlu mengasah kemampuan, tawarkan bantuan.

  18. Pekalah terhadap bimbingan Roh Kudus.

Banyak orang yang tidak mau membagikan kesakitan-kesakitan, masalah-masalah, dan kesulitan-kesulitan mereka dengan orang lain. Meskipun demikian, saat Anda mendengarkan suara Roh Kudus, Dia dapat mengarahkan tindakan dan kata-kata Anda untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Menguatkan orang lain adalah jalan dua arah. Ketika Anda memberi orang lain, Anda mulai merasakan kekuatan dan harapan bagi diri sendiri. Apa yang Anda berikan biasanya akan kembali pada Anda.

Jika Anda menjadi korban keputusasaan, ingatlah Raja Daud dalam 1 Samuel 30:6, "Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya." Berdoa dan membaca Alkitab selalu mengangkat kita ke atas dan memberi kita harapan! (t/Yohanna)

Diterjemahkan dan disesuaikan dari:

Nama situs : Leaders Unlimited
Judul asli artikel : Ways To Encourage
Penulis : Tidak dicantumkan
Alamat URL : http://leadersunlimited.ag.org/devotionals/ways_to_encourage.cfm
Kategori Tips: 
Tipe Bahan: