Catharine E. Beecher

Anak sulung dari pendeta Inggris ternama, Rev. Lyman Beecher, yang bernama Catharine Beecher, membaktikan hidupnya untuk memampukan para perempuan agar lebih kompeten dan senang dalam peran mereka sebagai pemelihara dan pengurus rumah. Melalui tulisannya yang sudah diterbitkan, seperti buku-buku memasak, buku teks, buku-buku nasihat, selebaran, artikel koran, dan esai, serta melalui pembelaannya yang gencar, dia berusaha mempersiapkan wanita dengan petunjuk untuk mengurus rumah tangga mereka dan membesarkan anak-anak mereka. Tulisan yang dibuatnya secara kolaboratif bersama adiknya, Harriet Beecher Stowe, karya yang tersebar paling luas adalah "The American Woman's Home" (1869), kumpulan nasihat untuk anak-anak, pemeliharaan kesehatan, pengelolaan keuangan rumah tangga, dan tugas-tugas rumah tangga yang lain.

Dalam upayanya untuk memperluas kesempatan pendidikan bagi kaum perempuan, Catharine Beecher bekerja untuk mengembangkan sebuah sistem bagi para guru yang kurang memiliki pengetahuan tentang bahan-bahan akademis, anak-anak gadis yang kebanyakan mengikuti kegiatan-kegiatan "kerajinan" seperti menyulam, bermain piano, dan mengikuti beberapa komunitas, khususnya mereka yang berada di perbatasan wilayah barat yang tengah berkembang pesat, yang tidak memiliki sekolah sama sekali. Ia mendirikan akedemi-akademi untuk perempuan-perempuan muda. Di sana, para instrukturnya menekankan pentingnya perkembangan murid secara fisik, moral, dan intelektual. Ia juga menciptakan inisiatif untuk mendirikan sekolah-sekolah dan mengirimkan guru-guru ke daerah-daerah yang terabaikan. Ia juga membela hak wanita dalam profesi mengajar, dengan menyatakan bahwa pengasuhan dari wanita serta watak moralnya membuat mereka menjadi pendidik yang alami. Dengan demikian, hal ini membuka kesempatan bagi wanita untuk mendapatkan gaji yang layak dan karier yang dihormati secara sosial.

Karena tidak bersimpati kepada para pemilih yang pikirannya berorientasi politik pada pertengahan abad ke-19 (ia pernah mengkritik penghapusan kesempatan bagi perempuan untuk melangkah keluar dari area rumah tangga terlalu jauh), misi Catharine Beecher tidak lain adalah untuk memperbaiki keadaan dan meningkatkan status para perempuan Amerika dari zaman ke zaman. Yang menarik, ia sendiri tidak pernah menjadi istri maupun ibu, yang disebabkan karena mengartikan kematian tunangannya pada tahun 1822 sebagai panggilannya untuk pekerjaan alternatif. (t/S. Setyawati)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Portraits of American Women Writers
Alamat URL : http://www.librarycompany.org/women
Judul asli artikel : Catharine E. Beecher (1800 –- 1878)
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 18 Maret 2014
Tipe Bahan: 
Kolom e-Wanita: 

Komentar