Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Wanita

Anugerah Mendapatkan Istri yang Luar Biasa

Pengaruh seorang istri memberikan dampak lebih banyak daripada pengaruh lainnya bagi hati seorang pria terhadap Allah, baik atau buruk. Istri akan mendorong pengabdian rohani suami kepada Tuhan atau justru akan menghalanginya. Istri akan mengobarkan gairah suaminya untuk Allah atau menuangkan air dingin ke atasnya. Istri seperti apa yang mendorong pertumbuhan rohani suaminya? Amsal 31:10-31 memberikan profil istri yang layak dipercaya oleh suaminya. Istri seperti itu adalah perwujudan kebijaksanaan sejati dari Allah, yang membuat suami percaya kepadanya dengan keyakinan penuh.

"Istri yang cakap, siapa yang dapat menemukan? Dia jauh lebih berharga daripada permata" (ay. 10, AYT). Istri yang baik seperti itu sulit ditemukan. Kata cakap (hayil) dapat berarti "kekuatan, kesanggupan, keberanian, atau martabat". Wanita ini mencontohkan masing-masing kualitas tersebut, memiliki kompetensi yang besar, penuh kebajikan, dan komitmen yang kuat kepada Allah dan keluarganya. Hanya Tuhan yang dapat menganugerahkan wanita yang luar biasa seperti itu: "Rumah dan harta adalah warisan nenek moyang, tetapi istri yang bijaksana adalah dari TUHAN" (Ams. 19:14, AYT). "Dia yang mendapat istri menemukan sesuatu yang baik, dan beroleh perkenanan TUHAN" (18:22, AYT). Wanita berbudi luhur ini adalah hadiah yang tak ternilai dari Allah.

Apakah mengherankan bahwa "hati suaminya memercayainya" (ay. 11, AYT)? Sang suami percaya kepadanya karena "dia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat" (ay. 12). Istri membawa banyak kelebihannya ke dalam pernikahan mereka, masing-masing secara unik tepat untuk melengkapi kekurangan suaminya. Karunia istri segera menjadi keuntungan suami, dan istri memberikan banyak hal yang menyebabkan suami memercayainya.

Gambar: kecakapan istri

Pelayanannya

Pertama, istri yang luar biasa ini tanpa lelah melayaninya. Tidak duduk diam, dia aktif "mencari bulu domba dan rami," kemudian "dengan senang hati bekerja dengan tangannya" (ay. 13, AYT) untuk memintal benang dan membuat kain. Dia "seperti kapal-kapal pedagang" (ay. 14, AYT), pergi untuk menemukan kain terbaik, dengan harga terbaik, untuk membuat pakaian terbaik. Istri yang tidak mementingkan diri ini "bangun selagi masih malam" (ay. 15, AYT) untuk menyiapkan makanan bagi keluarganya. Seperti seorang manajer yang sangat baik, dia mengawasi "pelayan-pelayan perempuannya" saat mereka bekerja dengannya mengurus rumah tangga.

Kesuksesannya

Kedua, wanita pengusaha ini melakukan penilaian yang baik dalam banyak urusannya. Dia dengan cerdik "menimbang-nimbang ladang," lalu membelinya. Di sana, dia menanam "kebun anggur" (ay. 16, AYT). Dengan tekadnya yang "kuat" (ay. 17, AYT), dia mendapatkan penghasilan yang dapat dibelanjakan untuk keluarganya. Transaksi bisnis ini "menguntungkan" (ay. 18, AYT), menyediakan sumber daya tambahan untuk dibagikan kepada orang lain. Dia bekerja sampai "malam" dengan "roda pemintal" dan "tangkai pemintal" (ay. 19, AYT) untuk membuat pakaian bagi keluarganya.

Pengorbanannya

Ketiga, wanita yang rajin ini memberi dengan murah hati kepada "yang miskin" dan "yang melarat" (ay. 20, AYT). Saat "salju" akan tiba, dia juga memberi kepada keluarganya. Dia telah merencanakan sebelumnya, membuat pakaian "kain kirmizi" (ay. 21, AYT) untuk isi rumahnya. Dia tidak menahan usaha atau pengorbanan dalam memberikan yang terbaik yang dia bisa. Setelah memberi untuk kebutuhan orang lain, istri yang rajin ini membuat "permadani" dan pakaian "untuk dirinya sendiri" dengan "lenan halus dan kain ungu" (ay. 22, AYT). Kemampuannya untuk memberi pakaian yang mahal adalah bukti nyata dari kebaikan Allah atas jerih payahnya.

Kecerdasannya

Keempat, banyak kemampuannya yang menaikkan posisi suaminya di "pintu-pintu gerbang" (ay. 23, AYT), di mana para pemimpin kota bertemu. Dengan kecerdasan yang tajam, istri yang luar biasa ini "membuat," "menjual," dan "menyerahkan" (ay. 24, AYT) barang-barangnya. Meskipun sangat kompeten, dia tidak bersaing dengan kepemimpinan suaminya, tetapi menopangnya dengan ketundukan yang rendah hati -- dan semua orang tahu itu.

Kekuatannya

Kelima, istri yang berharga ini menatap masa depan dengan "kekuatan" dan "kehormatan" batiniah (ay. 25, AYT). Meskipun dia mengantisipasi banyak tantangan, dia tetap "tertawa" (ay. 25, AYT) dengan keyakinan positif dalam pemeliharaan Tuhan. Dia berharap bahwa penyediaan dari Bapa di surga akan memenuhi setiap kebutuhan keluarganya. Saat orang-orang meminta nasihatnya, dia mengucapkan kata-kata "hikmat" dan "kebaikan" (ay. 26, AYT) kepada mereka. Meskipun sibuk di luar rumah, dia tidak mengabaikan "seisi rumahnya" (ay. 27, AYT).

Keunggulannya

Keenam, dia adalah seorang ibu yang baik sehingga ketika anak-anaknya mengamati keunggulannya, mereka "menyebutnya berbahagia" (ay. 28, AYT). Suaminya melihat sifat karakternya dalam mengasuh anak dan "memujinya." Dia membanggakan diri bahwa di antara wanita-wanita, "[dia] melebihi mereka semua" (ay. 29, AYT). Menurutnya, tidak ada seorang pun yang dapat benar-benar mengklaim dirinya sama seperti istrinya.

Kerohaniannya

Istri membawa banyak kelebihannya ke dalam pernikahan mereka, masing-masing secara unik tepat untuk melengkapi kekurangan suaminya.


Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Ketujuh, kehebatan sejati wanita ini adalah kesalehannya. Dia "takut akan TUHAN" (ay. 30, AYT). "Pesona" dan "kecantikan" saja adalah "penipu" dan "sia-sia." Ketertarikannya yang sebenarnya bagi pria itu adalah rasa hormatnya kepada Allah. Bahkan, para pemimpin kota "memujinya" di "pintu-pintu gerbang" (ay. 31, AYT), menghormati integritas hidupnya. Suaminya menghargai kesetiaan dan ketekunannya. Dia adalah manusia yang paling diberkati.

Apakah mengherankan bahwa suaminya memercayainya? Realitas Allah dalam hidupnya membuatnya layak mendapatkan kepercayaan penuh dari suaminya. Kesimpulannya, dia adalah "mahkota suaminya" (12:4, AYT). Hanya Allah yang bisa memberikan pendamping yang sangat baik.

Apakah Tuhan telah memberi Anda istri yang luar biasa? Apakah Anda melihat bagaimana dia secara khusus tepat bagi Anda? Apakah Anda mengenali bagaimana dia telah meningkatkan keefektifan Anda bagi Tuhan? Maka bersyukurlah kepada Allah untuk wanita seperti itu yang hati Anda percayai. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Ligonier
Alamat situs : https://ligonier.org/learn/articles/blessing-excellent-wife
Judul asli artikel : The Blessing of an Excellent Wife
Penulis artikel : Steven Lawson

Komentar