Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Wanita

RSS Blog SABDA

Subscribe to RSS Blog SABDA feed
melayani dengan berbagi
Updated: 37 min 33 sec ago

SABDA5: Segudang Informasi Menarik

Fri, 02/23/2024 - 10:00

SABDA5 merupakan salah satu program yang dikembangkan oleh Yayasan Lembaga SABDA, mengusung konsep 5 info penting dalam 5 menit. Sehingga dalam waktu 1 menit per topik dapat menghadirkan informasi penting. Program ini mulai dikembangkan sejak bulan September 2022 silam.

Nah, apa saja infonya dan bisa diakses di mana saja? Yuk, temukan jawabannya melalui vlog Sdr. Nehemia!

View this post on Instagram

A post shared by Ylsa Sabda (@sabda_ylsa)

Bagi Teman-teman yang ingin mendapatkan informasi tersebut, bisa banget kunjungi situs SABDA Info atau kunjungi YouTube SABDA Alkitab.

Video Baru dari The Bible Project

Thu, 02/22/2024 - 10:00
project.sabda.org

Hallo Sahabat SABDA. Senang sekali bisa menyapa Sahabat SABDA melalui blog saya kali ini. Pada kesempatan ini, saya ingin menceritakan tentang video baru dari The Bible Project. Bagi Sahabat SABDA yang belum tahu, The Bible Project merupakan organisasi nonprofit yang memproduksi video tentang Alkitab, podcast, kelas, dan bahan-bahan edukasi Alkitab lainnya, yang bertujuan agar Alkitab dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja dan di mana saja.

Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) telah bermitra dengan The Bible Project dalam mendistribusikan bahan-bahan mereka. Pada awal 2024 ini, tim SABDA Labs telah mendistribusikan bahan baru dari The Bible Project berupa video yang sudah dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia di situs project.sabda.org.

Penasaran apa saja videonya? Ada Seri Bagaimana Membaca Alkitab dan Studi Kata. Dalam satu seri, terdapat beberapa episode yang berfokus membahas topik tertentu. Selain video dalam bahasa Indonesia, YLSA juga meng-update seri-seri terbaru dalam bahasa Inggris.

Menurut saya, setiap video The Bible Project ini sangat menarik karena dikemas dengan bentuk animasi yang unik, informatif, padat, detail, dan alkitabiah. Saya sebagai orang awam dalam dunia teologi, dapat belajar banyak dari video yang disajikan karena memberi insight untuk perkembangan iman saya. FYI, semua staf YLSA juga pernah lho memakai bahan dari The Bible Project ini untuk melakukan Pendalaman Alkitab (PA). Sungguh, sangat memberkati kami. Saya berharap bahan-bahan dari The Bible Project ini juga dapat memberkati Sahabat SABDA sekalian. Silakan mengakses bahan-bahan dan seri video terbarunya secara gratis di situs official Bible Project atau bisa juga di situs project.sabda.org. Jangan sampai terlewat ya!

Kategori: YLSA, pelayanan, mitra
Keyword: The Bible Project, video, Alkitab

AI-4-GOD: Studi Alkitab dengan BaDeNo AI

Wed, 02/21/2024 - 10:00
BaDeNo Plus

Halo Sahabat SABDA! Berjumpa lagi dengan saya, Aldorei. Kali ini, izinkan saya berbagi tentang inovasi terbaru kami, yaitu BaDeNo AI yang bisa digunakan untuk studi Alkitab. Jika sebelumnya kita membahas proyek terjemahan bahan alkitabiah dan Alkitab GPT sebagai tools AI, BaDeNo AI membawa kita lebih dekat lagi dalam memahami firman Tuhan. Yeay ... asyik!!

Sebelumnya, ketika studi Alkitab, kita hanya membaca, mendengar, dan menonton Alkitab dengan tambahan berbagai materi pendukung. Nah, melalui BaDeNo AI, yang merupakan alat canggih ini, kita sekarang bisa mendapatkan ringkasan, pengantar, latar belakang, topik, nama tokoh, tempat yang berkaitan, kata kunci, pertanyaan refleksi, pelajaran, dan pokok doa per pasal dalam Alkitab. Luar biasa, bukan? Pastinya!

Saat ini, kitab Perjanjian Baru sudah tersedia dalam BaDeNo AI dan semuanya dihasilkan hanya dalam waktu dua hari. Ini membuktikan betapa AI dapat meningkatkan efisiensi dan membuat studi Alkitab yang kita lakukan semakin mendalam. Puji Tuhan! Hal ini tidak hanya tersedia di situs BaDeNo lho, tetapi di situs Alkitab SABDA juga. Bahkan, nantinya akan tersedia juga di aplikasi AlkiPEDIA. Hore!!

Oh ya, cara penggunaannya juga mudah lho, Sahabat SABDA. Langsung saja masuk ke situs BaDeNo AI, lalu pilih kitab dan pasal yang ingin dipelajari (masih dalam PB lho ya). Jika sudah masuk, scroll ke bawah, lalu temukan dan klik tulisan "BaDeNo AI". Selamat membaca dan merenungkan hasil dari AI ya.

Namun, Teman-teman jangan menjadikan hasil dari AI ini sebagai kebenaran yang mutlak ya. AI hanya sebagai alat bantu untuk memperdalam pemahaman kita terhadap firman Tuhan. Jadi, kita harus tetap menggunakan referensi lainnya. Saya mendorong Sahabat SABDA untuk menggunakan AI untuk kemuliaan Tuhan. Salam AI-4-GOD!

Pengalaman Menyenangkan Mengerjakan Modul Online Bible (OLB) “Matthew Henry”

Fri, 02/09/2024 - 10:00

Shalom Sahabat SABDA! Saya ingin berbagi pengalaman saat terlibat mengerjakan modul OLB Matthew Henry Commentary pada Februari ini. Oh ya, apakah Teman-teman tahu nggak tentang modul OLB? Modul OLB adalah modul yang dapat dijalankan di Software SABDA. Modul ini jenisnya bermacam-macam. Ada modul terkait Alkitab, buku, tafsiran, dsb..

Dalam proses mengerjakan modul ini, saya merasa senang dan sedih. Sedihnya, saya harus mengulang pengerjaan dari awal karena tanda baca tidak sesuai format yang diinginkan oleh OLB. Senangnya, saya merasakan penyertaan Tuhan saat mengerjakan modul ini hingga selesai. Puji Tuhan!

Modul OLB Matthew Henry Commentary ini sebelumnya hanya berisi tafsiran kitab Kejadian, Mazmur, 4 kitab Injil, dan Kisah Para Rasul. Sekarang, sudah ditambahkan kitab Roma sampai Wahyu (Perjanjian Baru), Keluaran sampai Ester, dan Amsal sampai Yehezkiel (Perjanjian Lama). Dalam pengerjaannya, saya menemui kendala terkait banyaknya tanda baca yang tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh Software OLB. Namun, puji Tuhan, perlahan dan pasti, kendala tersebut dapat diatasi dengan penyertaan Tuhan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak wawasan serta pesan Tuhan melalui Tafsiran Matthew Henry dalam bahasa Indonesia. Bagian-bagian yang sudah ditambahkan kini bisa Sahabat SABDA unduh di situs sabda.net. Yuk, segera unduh modul ini dan bagikan ke teman-temanmu ya! Sekian blog dari saya, sampai bertemu di tulisan saya berikutnya. Salam IT-4-GOD!

SABDA Daily: Tetap Terhubung dengan SABDA

Tue, 02/06/2024 - 10:00

Yeay, akhirnya, saya menulis blog lagi di Blog SABDA. Senang bisa menyapa Sahabat SABDA melalui tulisan ini. Semoga semuanya selalu dalam perlindungan Tuhan.

Ngomongin tentang SABDA, setiap harinya selalu ada kegiatan dan perkembangan pelayanan nih. Nah, gimana sih Sahabat SABDA bisa mengikuti semua informasi ini setiap harinya? Kami membuat SABDA Daily lho agar Sahabat SABDA bisa mengikuti perkembangan pelayanan kami. SABDA Daily ini bisa ditemukan di halaman depan semua situs SABDA, Instagram @sabda_ylsa, WAG dan Telegram SABDA, dan situs SABDA.Info yang menjadi pusat informasi pelayanan YLSA untuk semua mitra, sahabat, dan pendukung YLSA.

Dengan SABDA Daily ini, Sahabat SABDA tidak hanya mendapatkan informasi atau berita, tetapi juga diajak untuk bisa menggunakan produk dan memberikan masukan, mengikuti acara/kegiatan live yang diselenggarakan SABDA, dan ikut mendoakan pelayanan SABDA. Pastikan Sahabat SABDA membaca SABDA Daily ya!

Oh ya, saya bocorin nih sedikit cerita di balik pembuatannya. Diawali dengan "berburu" informasi/berita harian tentang kegiatan atau produk dari setiap tim (SABDA Labs, SABDA Academy, dan SABDA Resources), termasuk berita-berita lainnya yang terkait dengan pelayanan SABDA. Setelah berita dicek dan disetujui, barulah dibuatkan grafisnya dan tentunya juga melalui proses cek dan finalisasi sesuai prosedur. Setelah grafis disetujui, barulah disebarluaskan di jalur-jalur pelayanan SABDA. Nah, yang terlibat dalam proses pengerjaan SABDA Daily ada saya, Mbak Evie, Yudo, dan teman-teman SABDA lainnya yang juga ikut membuat beritanya.

Bagi Sahabat SABDA yang belum mengikuti berita/informasi harian dari kami, silakan mendapatkannya di jalur-jalur yang saya sebutkan di atas tadi. Sekian dulu ya tulisan saya kali ini. Selamat mengikuti SABDA Daily! Kiranya menjadi berkat!

Tim Baru SABDA Academy: Lebih Terstruktur, Lebih Efektif

Mon, 02/05/2024 - 10:00

Ada yang baru nih dari Yayasan Lembaga SABDA! Apa itu? Restrukturisasi YLSA, yang kini memiliki 3 tim inti, yaitu SABDA Labs, SABDA Academy, dan SABDA Resources. Saya menjadi salah satu anggota yang tergabung dalam tim SABDA Academy lho, dan saya ingin berbagi beberapa hal tentang SABDA Academy kepada Sahabat SABDA semua ...

SABDA Academy (SA) berfokus pada penyediaan bahan pembelajaran dan program pembelajaran (kelas/seminar/workshop, dll.). Wah, seperti Divisi SABDA Live di struktur YLSA yang sebelumnya donk ya? Hmm ... secara struktur dan tugas kerja sih berbeda. Tim ini tidak dipimpin oleh satu orang, tetapi oleh 2 Penanggung Jawab (PJ) sekaligus, yaitu Roma dan Tian, dengan harapan koordinasi dan pembagian tugas dalam tim menjadi lebih baik, efektif, dan efisien. Roma lebih berfokus sebagai PJ pre live dan live (sebelum dan selama acara berlangsung) dan Tian lebih berfokus sebagai PJ untuk post live (setelah acara berlangsung). Selain PJ, tim ini memiliki Admin yang menolong kelancaran kegiatan dalam tim dan kerja sama antartim serta PIC Relasi yang menolong komunikasi dengan Sahabat SABDA, korespondensi, dan promosi kegiatan berjalan dengan lebih optimal. Nah, dalam tim SA ini, saya dipercaya menjadi Admin, sedangkan Melisa sebagai PIC Relasi.

Proyek tim ini juga beragam, di antaranya kelas diskusi online (kelas modul, kelas bedah kitab, dan kelas diskusi langsung), seminar, workshop, training, roadshow, kelompok diskusi Growing Together, Pemuridan dengan Baca Buku, dan masih banyak lagi. Yang terbaru adalah proyek microlearning, yaitu proyek yang mengolah bahan pembelajaran (seminar, talkshow, kelas, workshop) menjadi bahan pembelajaran singkat yang lebih mudah dipahami dalam berbagai media. Contohnya, video pendek, infografik, quote, reels, carousel, audio spektrum, dan lain-lain. Kami berharap dengan adanya microlearning ini, proses belajar menjadi lebih cepat dan fun, serta bisa menjangkau lebih banyak kaum muda. Selain itu, microlearning ini bisa dibagikan kepada lebih banyak orang lewat platform digital dan media sosial.

Menurut saya, sistem kerja dari tim SABDA Academy menjadi lebih terstruktur dengan adanya scrum harian dan retrospektif mingguan untuk memantau progres kerja setiap proyek. Tim ini juga dibantu oleh seorang Steering Committee (SC), yaitu Ibu Yulia, yang bertugas mengarahkan dan mendampingi tim agar dapat bekerja dengan lebih efektif sesuai goal yang diharapkan. Oh ya, sistem kerja tim ini menjadi lebih terstruktur karena ada PIC dalam setiap proyeknya lho, misalnya PIC kelas ada Rei dan PIC kelompok diskusi Growing Together ada Bima.

Saya pribadi senang karena tim SABDA Academy ini lebih terstruktur dari segi sistem kerja dan fokus kerja. Walaupun pekerjaan semakin banyak, hasil yang dicapai juga lebih banyak dan semakin mendukung program pembelajaran yang alkitabiah dan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, khususnya AI. Doa kami, kiranya Tuhan mengirimkan anak-anak-Nya yang rindu melayani di bidang IT dan mau bergabung di SABDA. Untuk tim SABDA Academy sendiri, kami juga membutuhkan anggota baru, khususnya di bidang multimedia. Saya juga berharap struktur tim yang baru ini semakin menghasilkan program pembelajaran yang menjangkau lebih banyak orang Kristen di luar sana, baik secara online maupun onsite. Amin.

Serunya PA Kitab Yunus dengan AI

Thu, 02/01/2024 - 07:34

Terpujilah Tuhan! Sekarang ini, kita tidak hanya memiliki partner dalam mengerjakan tugas sehari-hari, tetapi juga dalam menggali firman Tuhan. Bersyukur, ada kecerdasan buatan (AI) yang saat ini sangat menolong kita dalam melakukan Pendalaman Alkitab (PA). Teman-teman tahu? Saya sangat senang bisa berbagi cerita tentang pengalaman menggali kitab Yunus dengan bantuan AI, yang ternyata bisa menjadi partner PA yang asyik dan fun!

Sebelum merambah lebih jauh, penting untuk diingat bahwa kita perlu memiliki fondasi yang kuat dalam memahami firman Tuhan sebelum ber-PA dengan AI. Untuk itu, mari simak langkah-langkah yang sudah saya dan Teman-teman YLSA coba untuk menggali kitab Yunus. Langkah-langkah ini bisa dipakai juga untuk menggali pasal lainnya di Alkitab ya.

Langkah-langkah menggali kitab Yunus dengan bantuan AI:

Hari 1: PA dengan cara klasik.
Pada hari pertama, kami PA secara klasik. Kami memanfaatkan alat-alat studi Alkitab seperti aplikasi Alkitab, kamus Alkitab, tafsiran, dan multimedia pendukung lainnya. Bacalah pasal secara berulang-ulang untuk memahami konteks dan pesan yang terkandung.

Hari 2: PA dengan AI.
Langkah berikutnya, berinteraksi dengan AI. Pertanyaan yang tajam dan detail kami ajukan kepada AI untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam terkait pasal yang sedang dipelajari. AI dapat menjadi partner yang membantu mengungkapkan makna yang mungkin terlewatkan oleh kita.

Hari 3: Diskusi hasil dan aplikasi.
Pada hari ketiga, fokus pada diskusi hasil. Bersama teman-teman, kita mendiskusikan pelajaran yang didapat dan berbagi aplikasi praktis dari pasal yang telah digali. Ini menjadi momentum untuk merenungkan relevansi isu dan topik dalam kehidupan sehari-hari.

Hari berikutnya: Mengulang siklus.
Setelah itu, siklus diulang dengan pasal berikutnya. Langkah-langkah ini tidak hanya memberi pemahaman yang lebih dalam tentang kitab Yunus, tetapi juga membuat PA semakin seru dan berkualitas.

Tentu, dalam menjalankan langkah-langkah ini, doa menjadi kunci utama. Melalui doa, setiap langkah yang kita ambil pasti selaras dengan kebenaran firman Tuhan.

Dengan adanya AI, pandangan saya tentang PA semakin berkembang. PA yang saya lakukan tidak lagi monoton, tetapi menjadi perjalanan yang asyik dan seru. Mari terus bersemangat ber-PA sehingga kita makin mengerti rencana dan kehendak Tuhan dalam kehidupan kita. Gunakan AI dengan bijak pula ya!

Terpujilah Tuhan atas kehadiran AI yang telah mendukung cara PA saya dan kita semua saat ini. Selamat ber-PA!

Melayani di Digital Ministry, Melayani dengan Hati

Wed, 01/31/2024 - 10:00

Lima tahun yang lalu, saya bergabung di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) sebagai seorang penerjemah. Saat itu, saya masih belum memiliki banyak pengalaman. Namun, saya bersyukur karena diberi kesempatan untuk belajar dan berkembang di tempat ini. Selama di YLSA, saya dipercaya memegang beberapa peran, mulai dari social media manager, community manager, sampai graphic designer. Setiap tanggung jawab tersebut memberi pengalaman berharga bagi saya.

Satu hal yang paling berkesan bagi saya selama melayani di YLSA adalah sikap saat menjalaninya. Awalnya, dengan banyaknya tugas, saya banyak mengeluh. Tugas satu belum selesai, muncul tugas baru dengan deadline ketat. Sikap suka mengeluh itu sedikit banyak berubah setelah belajar mengerti bigger picture dari tugas-tugas yang saya kerjakan di sini. Bahkan, sesederhana membuat konten postingan di Instagram, ketika itu dilakukan untuk mewartakan firman Tuhan, dampaknya pasti terasa bagi yang membacanya. Dari setiap tugas dan relasi yang terbangun di YLSA, saya tidak hanya diperlengkapi dari sisi hard skill, tetapi juga spiritual. Disiplin melakukan studi Alkitab setiap hari yang dilakukan di YLSA mampu menyadarkan saya betapa krusialnya firman Tuhan dalam hidup sehari-hari. Tanpa itu, hidup pasti tidak terarah.

Pada akhirnya, saya berterima kasih untuk setiap kesempatan yang diberikan kepada saya. Kiranya YLSA terus maju dalam pelayanan digital dalam Tuhan. Kemuliaan hanya bagi Tuhan!

Keseruan Bergabung di Tim SABDA Resources

Tue, 01/30/2024 - 10:00

Hallo Sahabat SABDA, jumpa lagi dengan saya nih. Tahun ini, SABDA memulai langkah pelayanannya dengan menerapkan struktur baru. Harapannya, SABDA dapat semakin relevan dengan teknologi kekinian dan flow kerja SABDA menjadi lebih efektif demi kemajuan pelayanan.

Pada Raker 2023, SABDA sudah ketok palu lho untuk melakukan restrukturisasi YLSA. Dari 7 Divisi menjadi 3 tim inti, yaitu: tim SABDA Labs (SL), tim SABDA Academy (SA), dan tim SABDA Resources (SR). Setiap tim inti memiliki 2 Penanggung Jawab (PJ) dan dibimbing oleh Steering Committee (SC).

Saya join dalam tim SR lho. Dalam tim SR ini, ada Santi sebagai SC (membantu mengarahkan tim), Pio dan Yudo sebagai PJ, Rode sebagai Master Scrum (menolong tim dalam pengaturan semua proyek), saya sebagai PJ Relasi (menjalin komunikasi dengan pelanggan atau mitra SABDA yang berhubungan dengan tim SR), dan teman-teman lainnya, seperti Mbak Elly, Yoes, dan Nehemia, yang juga ikut terlibat. Setiap hari, kami ada daily scrum nih untuk saling tahu progres kerja, termasuk kesulitan atau kendala yang ditemui dan mencari solusinya. Nah, untuk menjaga semangat dan rasa kesatuan dalam tim SR, kami memiliki yel yang selalu kami serukan ketika menutup daily scrum. Wah, yelnya gimana tuh? "SABDA Resources ... Tuhan pasti bisa! Yeeee", itulah yelnya ... hehe.

Saya sangat antusias dengan formasi baru tim SR ini. Meskipun ada banyak tugas, termasuk tugas-tugas baru, saya bersyukur ada kerja sama dan bantuan dari teman-teman untuk saling menolong. Kiranya bahan-bahan dan produk-produk multimedia yang alkitabiah dari tim SR dapat menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk menjangkau jiwa-jiwa bagi Kristus. Tetap semangat Teman-teman!! Tuhan Yesus menolong SABDA untuk semakin melesat menanggapi panggilan-Nya. Terpujilah Tuhan!

Struktur Baru YLSA 2024

Mon, 01/29/2024 - 10:00

Memasuki 2024, Yayasan Lembaga SABDA memulai pelayanannya dengan struktur yayasan yang baru. Wah, struktur baru lagi nih! Saya sudah beberapa kali mengikuti proses perubahan struktur di YLSA. Pastinya, perubahan struktur ini untuk mengakomodasi pelayanan YLSA supaya dapat terus melayani dengan lebih baik dan relevan sesuai perkembangan teknologi. Nah, struktur yang baru ini sudah kami pergumulkan, doakan, dan diskusikan bersama pada Rapat Visi tahun lalu.

Wah, seperti apa nih struktur YLSA tahun ini? YLSA punya 3 tim inti lho, yaitu SABDA Labs (SL), SABDA Academy (SA), dan SABDA Resources (SR). SABDA LABS berfokus untuk memfasilitasi studi Alkitab dengan lebih mendalam dan relevan dengan zaman. SABDA Academy berfokus memberikan pelayanan pembelajaran/learning/micro learning dan menginisiasi pembelajaran melalui kelas-kelas online, bedah kitab, roadshow, training/pelatihan, seminar, kurikulum, dll.. Dan, SABDA Resources berfokus untuk menyediakan dan mendistribusikan produk-produk yang alkitabiah, multimedia, dan relevan bagi generasi masa kini. Masing-masing tim inti dipimpin oleh 2 orang Penanggung Jawab (PJ) dan memiliki beberapa anggota. PJ untuk tim SABDA Labs ada Bpk. Hadi dan Sdr. Aldo; SABDA Academy ada Sdri. Roma dan Sdr. Tian; dan SABDA Resources ada Bpk. Yudo dan Bpk. Pio. Secara pribadi, saya antusias sih dengan struktur yang baru ini. Soalnya, terlihat lebih rapi dan fokusnya lebih jelas.

Saya juga senang karena tahun ini ada yang baru di SABDA, yaitu tim Steering Committee (SC). Tugas utama dari SC menjadi pengarah/pendamping setiap tim inti (Evi: SL; Ibu Yulia: SA; Santi: SR) dalam menjalankan tugas-tugasnya. Pastinya, kami semua saling menolong dalam prosesnya. Oh ya, setiap tim memiliki bagian Admin dan Relasi juga lho. Admin menolong kelancaran urusan internal dan kerja sama antartim, sedangkan Relasi menolong untuk urusan komunikasi dengan sahabat/pengguna produk SABDA di berbagai jalur. Yah, inilah struktur pelayanan YLSA yang baru. Pergumulan kami tetap sama, salah satunya terkait SDM. Kiranya Tuhan kirimkan anak-Nya untuk bersedia melayani-Nya di bidang IT. Doakan juga ya Sahabat SABDA, semoga dengan struktur yang baru ini, pelayanan YLSA makin maju. Amin! Amin!

Pengalaman Baru Mengedit Audio Artikel

Thu, 01/25/2024 - 10:00

Shalom Sahabat SABDA! Saya senang bisa terlibat dalam tim inti SABDA Resources. Tim ini berfokus untuk memproduksi konten-konten multimedia yang alkitabiah dan berkualitas, serta bertanggung jawab dalam mengelola dan mendistribusikannya. Nah, di tim ini, saya banyak terlibat dalam proses pengerjaan media, yaitu mengedit grafis, video, dan audio.

Editing audio artikel menjadi hal baru bagi saya. Sebelum mengerjakan, saya mendapat orientasi terlebih dahulu bagaimana mengerjakannya. Saat orientasi, saya diperkenalkan dengan aplikasi Adobe Audition untuk mengedit audio artikel. Ada beberapa hal yang harus saya pelajari dari aplikasi Adobe Audition, seperti memotong bagian audio yang tidak diperlukan, mute, dan menghilangkan noise. Hal penting yang perlu diperhatikan dalam editing audio artikel adalah kualitas rawaudio. Terkadang, rawaudio yang saya dapatkan banyak suara noise dan suara dari voiceover yang kurang jelas. Karena itu, saya menggunakan bantuan extra, yaitu AI untuk memperbaiki masalah tersebut. Salah satu AI yang sering saya gunakan adalah Enhance Speech dari Adobe Podcast.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah keserasian antara audio dan teks artikel yang dibaca. Kadang, saya menemui kesalahan dalam pembacaan artikel, contohnya ada 1 kata yang terlewat belum dibaca, maka voiceover harus mengulang rekaman pada kalimat yang memuat kata tersebut. Dalam melakukan pengeditan audio artikel, saya harus memperhatikan setiap detail karena satu kesalahan kecil bisa memengaruhi makna artikel.

Mengedit audio artikel ini menjadi pengalaman baru yang menarik bagi saya. Saya belajar untuk lebih teliti dalam mengecek dan mendapat keahlian baru dalam mengedit audio. Oh ya, saya juga bisa menggunakan pengalaman baru ini untuk pelayanan di gereja lho. Puji Tuhan! Nah, Sahabat SABDA bisa mendengarkan audio-audio artikel dari SABDA di situs-situs bidang pelayanan milik SABDA, seperti situs PEPAK , PELITAKU, e-MISI, dan situs-situs SABDA lainnya. Oke, sekian tulisan dari saya. Kiranya menjadi berkat dan menginspirasi. Selamat mendengarkan audio-audio artikel dari SABDA ya! Tuhan Yesus memberkati.

Studi Alkitab Pakai AI, Memangnya Ada?

Wed, 01/24/2024 - 10:00

Rabu, 10 Januari 2024, menjadi momen yang spesial karena saya bisa belajar metode studi Alkitab dengan AI dari SABDA, yaitu AI Squared, dalam presentasi berjudul PA dengan AI: Cara AI Kuadrat (AI Squared) yang disampaikan oleh Ibu Davida dan Sdr. Yosua Yudo. Sebagai generasi yang hidup di persimpangan antara dunia analog dan digital, saya tidak mau ketinggalan perkembangan teknologi, apalagi yang bisa dipakai untuk memuliakan Tuhan.

Melihat generasi sekarang yang sudah sangat akrab dengan AI, kita perlu cara baru untuk menjangkau mereka kembali kepada firman Tuhan. Bagi saya, tidak cukup hanya mengikuti perkembangan AI, kita perlu memastikan bahwa AI yang digunakan bisa menjadi "Alat Injil", bukan "Alat Iblis". Salah satu pendekatannya adalah mengajak mereka melakukan Pendalaman Alkitab (PA), dan metode AI Squared bisa kita pakai. Metode ini memiliki 4 langkah, yaitu:

 1. Awali/Amati: Awali PA dengan membaca Alkitab secara teliti dan berulang-ulang. AI berfungsi sebagai asisten untuk menolong mengamati isi, konteks, dan poin-poin penting bacaan agar lebih tajam.

 2. Investigasi: Lakukan investigasi bacaan lebih dalam, dimulai dengan pertanyaan 5W+2H untuk menggali konteks seputar teks dan informasi inti lainnya.

 3. Ajaran (Apa Artinya untuk Aku?): Doa dan refleksikan pelajaran yang didapat dari bacaan tersebut. Adakah teguran, peneguhan, atau dorongan dari firman Tuhan? AI bisa dipakai untuk mendapatkan pelajaran tambahan.

 4. Implementasi: Setelah membuat kesimpulan secara pribadi, gunakan AI untuk eksplorasi penerapan Alkitab dalam kehidupan.

Dengan metode ini, saya berharap semakin banyak generasi digital yang memanfaatkan AI untuk kemuliaan Tuhan dan terus mempelajari firman-Nya. Ayo simak arsip presentasi acara ini dan acara lainnya seputar AI di situs ai.sabda.org. Soli deo gloria!

Alkitab GPT (Bible Man) Membawa Firman Tuhan ke Era AI

Tue, 01/23/2024 - 10:00
Logo Alkitab GPT (Bible Man)

Shalom Sahabat SABDA semua! Melalui blog kali ini, saya ingin berbagi pengalaman menggunakan AI untuk menerjemahkan materi Alkitab. Proyek ini merupakan sebuah inovasi luar biasa yang diluncurkan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk memudahkan orang Kristen di Indonesia belajar firman Tuhan dengan ditemani AI sebagai asisten yang berbasis pada "Alkitab Yang Terbuka" (AYT). Kami menamakannya Alkitab GPT (Bible Man). Oke Sahabat SABDA, kini saatnya saya akan menceritakan perjalanan bagaimana Alkitab GPT ini ada. Untuk itu, baca blog ini sampai akhir ya.

Pada 6 November 2023, OpenAI meluncurkan GPT-4-Turbo dan fitur Custom GPT. Tidak mau ketinggalan, YLSA pun berinovasi dengan menciptakan Alkitab GPT (Bible Man) yang bertujuan untuk membantu orang Kristen memahami Alkitab dengan lebih dalam dan akurat. Alkitab GPT (Bible Man) ini bukan sekadar AI biasa, tetapi spesialis dalam memproses dan menyajikan konten Alkitab. Dengan begitu, berbekal dari dataset AYT versi 2023-Q2-1, Alkitab GPT (Bible Man) menjawab pertanyaan seputar Alkitab tanpa menyimpang dari teks aslinya.

Saat ini, Alkitab GPT (Bible Man) tersedia di platform Chat GPT yang terintegrasi dengan GPT-4 dan menawarkan interpretasi yang mendalam tentang ayat-ayat Alkitab. Hal ini menjadi langkah revolusioner bagi YLSA dalam menggabungkan teknologi dan keimanan. Sekarang, kita sudah bisa menggali firman Tuhan dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya. Kesempatan ini membuka "jendela" baru bagi pemahaman kita tentang kekayaan firman Tuhan.

Ingin tahu lebih lanjut tentang Alkitab GPT (Bible Man) ini? Yuk, langsung saja coba dan jelajahi melalui tautan berikut: https://chat.openai.com/g/g-QjHkF2IEk-alkitab-gpt-bible-man

Selamat mencoba! Jangan lupa bagikan pula info ini ke teman-teman yang lain ya.

Talkshow Pertama 2024: AI-4-GOD! “AI dan 2024?”

Mon, 01/15/2024 - 10:00

Halo Sahabat SABDA. Kali ini, saya akan berbagi tentang apa saja yang saya dapatkan ketika menjadi host acara AI Talks: AI dan 2024? yang diadakan oleh Yayasan Lembaga SABDA. Acara ini berlangsung pada Senin, 8 Januari 2024, pkl. 10.30 - 12.00 WIB, via Zoom dan diikuti lebih dari 100 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagai host, saya senang karena dapat melihat kerinduan peserta untuk terus mengikuti perkembangan AI pada tahun ini.

Sebagai panelis, Bu Yulia, Bu Evie, dan Pak Max banyak memberi semangat untuk melihat dan mengikuti isu-isu yang terjadi pada 2024. Pastinya, dengan berkaca pada tahun sebelumnya, kita melihat bagaimana AI sudah begitu hebatnya membantu banyak pekerjaan dan aktivitas kita, termasuk dalam pelayanan Kristen. Pak Max sempat menjelaskan secara singkat tentang isu-isu yang perlu diperhatikan untuk 2024. AI akan semakin cepat, semakin pintar, dan semakin mampu. Oh ya, akan ada Informational AI to Functional AI, Multimodal (Text+Audio+Image+Video), bagaimana Ethics/Bias/Regulations/Law, Hoax/DeepFakes/Scams/Politics, Copyrights/Training Data, Business/Education/Science/, dll..

Intinya, AI akan terus berkembang! Ibu Yulia mengingatkan agar gereja dapat mengejar ketertinggalan yang ada supaya dapat menjadi relevan dengan perkembangan AI. Bu Evie juga memberikan informasi terkait apa yang sudah dan akan dikerjakan SABDA agar dapat menolong gereja dan pelayanan bisa maju bersama-sama seiring dengan perkembangan AI yang cepat ini. Pada awal tahun ini, saya disegarkan kembali tentang kepentingan AI untuk masa depan, terutama untuk 2024.

Kiranya Sahabat SABDA yang mengikuti acara ini bisa belajar dan mengaplikasikan dalam pelayanan masing-masing. Sahabat SABDA yang belum sempat mengikuti acara ini, dapat melihat arsipnya di situs ai.sabda.org. Kami akan terus melanjutkan AI Talks ini setiap 2 minggu sekali. Sahabat SABDA silakan mengikuti acara ini, dan jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, bisa mengontak kami melalui WA di 0821-3313-3315 atau Email: live@sabda.org. Salam AI-4-GOD!

Tim SABDA Labs dalam Proyek Terjemahan AI untuk 1001 Jawaban

Sat, 01/13/2024 - 10:00

Hallo pembaca blog SABDA semuanya. Sudah lama nih aku enggak nulis ... hehehe. Kali ini, aku mau cerita sedikit tentang satu bahan yang baru saja selesai dikerjakan Tim SABDA Labs dalam proyek Terjemahan AI. Ya, seperti namanya, Terjemahan AI ini menggunakan kecanggihan teknologi kecerdasan buatan untuk membantu kita dalam menerjemahkan bahan-bahan dari bahasa Inggris atau bahasa lain ke dalam bahasa Indonesia.

Pada kasus kali ini, AI membantu kami dalam menerjemahkan dua set bahan penting, yaitu 555 Question dan 445 Question dari bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia. Jika dilakukan secara manual, mungkin baru bisa selesai dalam 1 - 2 bulan, tetapi dengan adanya AI ini, kami bisa menyelesaikan terjemahan ini dalam waktu kurang lebih 2 - 3 hari saja. Cepat, 'kan?

Mengapa ini penting? Bahan-bahan ini sangat penting karena berisi pertanyaan-pertanyaan kritis yang sering diajukan dalam studi teologi dan kepercayaan. Dengan tersedianya bahan ini dalam bahasa Indonesia, diharapkan lebih banyak orang bisa mengakses dan mempelajari isu-isu penting ini dengan lebih mudah.

Bagaimana prosesnya? Proses penerjemahan menggunakan AI ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kami memprosesnya melalui berbagai tahapan, mulai dari pelatihan AI dengan data yang akurat, pengujian berulang untuk memastikan kualitas terjemahan, hingga penyesuaian akhir untuk memastikan nuansa bahasa tetap terjaga. Semua ini kami lakukan demi menghasilkan terjemahan yang tidak hanya akurat secara bahasa, tetapi juga menyentuh secara budaya.

Hasil dari terjemahan ini akan bisa diakses di Alkitab SABDA dengan judul 1001 "Pertanyaan Sulit dalam Alkitab" . Ini berarti, bertambah lagi bahan studi Alkitab digital yang dapat digunakan masyarakat Kristen Indonesia untuk belajar Alkitab lebih mendalam. Dalam waktu dekat, konten ini juga akan diintegrasikan ke dalam aplikasi mobile yang sedang kami kembangkan sehingga aksesnya akan menjadi lebih mudah dan luas. Bersyukur, teknologi AI menolong tim SABDA Labs memproses bahan ini lebih cepat.

Mengenai refleksi dan harapan terkait proyek ini, aku belajar banyak tentang potensi dan tantangan ketika menerapkan AI dalam kehidupan sehari-hari. Aku juga semakin menyadari bahwa ketika teknologi digunakan dengan bijak, teknologi bisa menjadi alat yang sangat ampuh untuk membuka akses pengetahuan dan informasi.

Aku dan teman-teman di tim SABDA Labs sangat bersemangat dengan hasilnya. Kami tidak sabar untuk melihat bagaimana terjemahan ini akan digunakan oleh banyak orang. Kami juga sedang menantikan proyek-proyek selanjutnya, yang terus memanfaatkan AI untuk mendorong pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik.

Jadi, stay tuned ya teman-teman! Kami akan terus berbagi perkembangan dan wawasan baru dalam perjalanan ini. Sampai jumpa di blog-blog berikutnya!

Tim SABDA Labs: Struktur Baru dan Semangat Melayani

Wed, 01/10/2024 - 10:00

Hallo Pembaca Blog SABDA, sudah baca blog saya yang berjudul SABDA Go 2024? Jangan sampai terlewat ya! Blog tersebut menceritakan tentang garis besar perubahan yang dilakukan oleh SABDA untuk meningkatkan efisiensi dalam pengerjaan tugas dan meningkatkan kualitas pelayanan. Nah, kali ini, saya akan spesifik menceritakan tentang perubahan yang ada dalam tim saya, yaitu SABDA Labs. Di antara ketiga tim inti di SABDA, bisa dibilang SABDA Labs adalah tim yang tidak begitu banyak mengalami perubahan anggota. Di tim sebelumnya, yaitu ITS, Bapak Hadi berperan sebagai koordinator. Setelah restrukturisasi, nama tim berubah menjadi SABDA Labs, dengan Penanggung Jawab (PJ) Bapak Hadi dibantu Sdr. Aldo.

Selain PJ, ada Ibu Evie yang bertugas sebagai Steering Committee. Beliau memberi arahan dan bimbingan untuk tim SABDA Labs. Sdri. There ditunjuk sebagai penanggung jawab relasi yang bertugas menjalin relasi dengan pihak lain, termasuk mengurus promosi produk dari SABDA Labs dan mengatur jadwal blog. Saya sendiri terlibat di bagian administrasi yang memantau proyek-proyek yang sedang berlangsung, memastikan tugas dikerjakan anggota sesuai deadline, dan berkoordinasi dengan sesama admin dari setiap tim inti. Soalnya, ada tugas-tugas yang harus dikoordinasikan dengan admin-admin dan anggota terkait lainnya.

Saya merasa bersemangat dengan adanya perubahan ini, dan berharap perubahan ini dapat meningkatkan koordinasi antartim. Mohon dukungan doa ya dari para pembaca Blog SABDA agar kami dimampukan untuk mengerjakan pelayanan ini dengan baik. Biarlah setiap pelayanan menjadi hormat dan kemuliaan bagi Tuhan. God bless us.

SABDA Go 2024

Thu, 12/21/2023 - 13:14
Steering Committee

SABDA Labs

Puji Tuhan! Saya merasakan penyertaan Tuhan bagi SABDA sepanjang 2023. Banyak suka dan tantangan yang saya lalui saat melayani di SABDA. Perubahan demi perubahan dilakukan di SABDA untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan, serta mengikuti perkembangan teknologi yang melaju pesat.

SABDA Academy SABDA Resources

Nah, salah satu agenda penting dari pelayanan SABDA adalah Rapat Kerja (Raker). Biasanya, kami melakukan tiap semester, yang biasa kita sebut dengan mini Raker. Menurut saya, Raker 2023 yang diadakan pada 8, 11, dan 12 Desember 2023 membawa perubahan yang cukup besar untuk flow kerja di SABDA.

Sebelumnya, SABDA terdiri dari 7 Divisi, yaitu: ITS, Media, Content, Live, Komunitas, Platform, dan Humas. Nah, untuk pelayanan mendatang, pelayanan SABDA terdiri dari 3 tim inti, yaitu:
1. SABDA Labs: menangani hal-hal teknis dan bahan Alkitab di SABDA.
2. SABDA Academy: menangani semua hal terkait edukasi, baik berupa kelas, bedah kitab, seminar, training, roadshow, maupun acara-acara live lainnya.
3. SABDA Resources: menangani resources berupa teks, video, audio, dan grafis, baik dalam pembuatan, distribusi, relasi, sampai follow up kepada penggunanya.

SABDA Academy merupakan gabungan Divisi Live dan Platform, sedangkan SABDA Resources merupakan gabungan Divisi Content dan Media. Selain itu, masing-masing tim memiliki relasi dan steering committee yang akan membantu pelayanan tim supaya semakin terstruktur dan tepat sasaran sampai kepada pengguna.

Saya sangat bersyukur karena Tuhan memberi hikmat dan kelancaran dalam Raker ini. Kiranya beberapa perubahan dan penyesuaian yang dilakukan dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas pelayanan SABDA. Teman-teman, bantu doakan kami semua ya supaya dapat mengerjakan pelayanan SABDA dengan lebih baik. Tuhan Yesus memberkati.

Raker SABDA 2023

Wed, 12/20/2023 - 15:16

Menjelang tutup tahun 2023, SABDA kembali mengadakan RaKer untuk mengevaluasi kerja staf SABDA selama setahun. Bersyukur ada inovasi baru, ide-ide baru yang dapat di sharingkan oleh seluruh tim.

Nah, ada teman-teman kita yang baru mengikuti RaKer. Yuk, simak bagaimana pengalaman mereka pertama kali mengikuti RaKer SABDA.

View this post on Instagram

A post shared by Ylsa Sabda (@sabda_ylsa)

Recap Roadshow SMA N 1 Surakarta

Tue, 12/19/2023 - 12:03

Jumat, 10 November 2023, SABDA kembali melanjutkan roadshow di SMA Negeri 1 Surakarta dengan topik "Pendalaman Alkitab dan AI" yang dibawakan oleh Ibu Evie dan Bapak Yudo.

AI dapat membantu mempermudah pekerjaan, pelayanan, bahkan studi Alkitab. Mau tahu caranya, yuk simak pengalaman perwakilan siswa/siswi dan guru SMA Negeri 1 Surakarta melalui video berikut ini.

View this post on Instagram

A post shared by Ylsa Sabda (@sabda_ylsa)

Nah, bagaimana pendapat teman-teman terkaiit mendalami Alkitab menggunakan AI? Apakah teman-teman sudah pernah mencobanya? Sharing di kolom komentar ya..

Bersyukur Terlibat di SABDA Unboxing! “AI Labs”

Mon, 12/11/2023 - 13:29

Oleh: Sebastian

Shalom Sahabat SABDA! Kali ini, saya berkesempatan untuk menjadi guest pada SABDA Unboxing! bersama dengan teman saya, Michael dan mas Nikos selaku host. Dalam acara ini, kami membahas mengenai AI Labs. Nah, apa sih Labs itu? Mengapa Labs penting untuk SABDA? Mengapa AI Labs ada dalam #unHACK 2023? Yuk, baca blog ini sampai selesai ya!

SABDA, sebagai yayasan yang berfokus pada studi Alkitab, terus-menerus mencoba dan bereksperimen dengan teknologi baru untuk menemukan cara memakai teknologi demi kemuliaan Tuhan. Hal ini dimulai dengan Software SABDA, situs-situs, aplikasi, MAGICS (MediaAugmentedGraphInterlinearConversationalSmart), dan seterusnya. Percobaan-percobaan inilah yang disebut Labs. Maka dari itu, Labs memiliki peran penting bagi SABDA untuk terus mengikuti perkembangan zaman dalam pelayanannya.

Selanjutnya, kami membahas bagaimana AI telah menggemparkan seluruh dunia dengan kemampuannya. Tentu saja, SABDA ingin bereksperimen dengan AI untuk mengerjakan pekerjaan Tuhan. Eksperimen ini memuncak dalam #unHACK 2023 di mana AI Labs mewakili sisi teknis dalam penggunaan AI untuk kemuliaan Tuhan. Kami sudah mengerjakan berbagai macam proyek, seperti Bible Answerman (Chatbot yang menjawab pertanyaanmu dari perspektif alkitabiah), Bible Quiz (permainan quiz mengenai Alkitab), dan masih banyak lagi. Daftar proyek ini dapat dilihat di https://ai.sabda.org/dev/labs.

Saya bersyukur bisa terlibat dalam acara SABDA Unboxing! ini. Melalui acara kali ini, saya berharap agar SABDA terus mencoba teknologi terbaru untuk mengerjakan pekerjaan Tuhan sehingga gereja tidak ketinggalan zaman. Untuk selengkapnya, simak keseruan acara SABDA Unboxing! yuk di Instagram @sabda_ylsa. Semoga mendapat banyak berkat dan inspirasi.

Kategori: ITS, YLSA, codeforgod
Keyword: #unHACK, ITS, AI-4-GOD

Pages