Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Wanita

Tahun Baru, Kisah Hidup Baru

Awal tahun baru adalah waktu yang tepat untuk memulai bab baru dalam kisah hidup Anda. Mengapa tidak membuat tahun yang baru ini sebagai tahun untuk memperdalam pemahaman Anda tentang kisah yang Tuhan sedang sampaikan melalui hidup Anda? Memahami titik balik kehidupan Anda adalah awal yang tepat. Titik balik dapat memberikan pemahaman yang penting tentang apa yang telah Tuhan lakukan dalam hidup kita, apa yang Dia sedang lakukan, dan ke mana Dia memimpin kita.

Dalam bukunya "Living the Life You Were Meant to Live" (Menjalankan Hidup yang Dimaksudkan untuk Hidup Anda - Red.), Tom Patterson mendefinisikan titik balik sebagai momen yang signifikan dalam hidup Anda ketika arah hidup Anda berubah dari baik menjadi lebih baik, atau lebih buruk. Yang sangat penting tentang titik balik adalah bahwa itu merupakan peristiwa yang penting dalam hidup Anda: Sesuatu yang besar yang mengubah seluruh arah/tujuan Anda.

Mengapa hal itu penting? Karena meskipun Anda menyadarinya atau tidak, kisah hidup Anda harus disampaikan. Alkitab penuh dengan cerita tentang bagaimana Allah telah menggunakan kisah hidup para pria dan wanita untuk mengubah jalannya sejarah. Untuk mengenali kisah Anda, cobalah bertanya pada diri sendiri dua pertanyaan sederhana ini:

  • Apa peristiwa-peristiwa besar dalam hidup saya (seperti pernikahan, kematian, meninggalkan rumah, wisuda, perubahan karier, pensiun)?
  • Perubahan apa yang terjadi dari tragedi atau berkat yang saya alami?

Dalam kontemplasi seperti itu, saya berpikir tentang titik balik kehidupan dan juga titik balik rohani. Kemudian, kita dapat menggunakan peristiwa-peristiwa penting ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kisah hidup kita, dan pada gilirannya, pemahaman yang lebih baik tentang panggilan kita yang unik dari Tuhan. Saya akan memberi beberapa contoh dari kehidupan saya sendiri.

Titik Balik Kehidupan:

Titik balik besar saya terjadi ketika ayah saya mengalami serangan jantung yang serius, yang membuat saya harus menghadapi emosi-emosi tertentu. Karena ayah saya tidak bersama-sama saya, banyak pikiran dan emosi kembali ke masa kanak-kanak saya. Ayah saya selamat dari serangan jantung dan bagi saya hal itu merupakan titik balik: itu adalah awal dari masa pemulihan. Saya mulai bertemu dengan seorang konselor yang membantu saya untuk memproses banyak perasaan saya tentang orangtua saya, perceraian mereka, dan kepergian ayah saya. Anda perlu memerhatikan peristiwa-peristiwa dalam hidup yang memberikan dampak.

Titik balik besar lain dalam hidup saya adalah hari ketika saya bertemu dengan Gerard, pria yang kemudian menjadi suami saya. Saya ingat sedang berjalan ke sebuah ruangan untuk studi Alkitab yang belum pernah saya tuju, dan kami sedikit terlambat. Saya segera melihat ke sekeliling ruangan mencari tempat duduk (dan mungkin seorang pria untuk dinikahi), dan segera melihat Gerard. Ketika pelajaran usai, saya sengaja mendatangi dia. Saya tidak menunggu dia datang terlebih dahulu dan memperkenalkan diri: Kadang-kadang, wanita benar-benar harus berani! Saya senang saya mendatanginya karena pada saat itu, seluruh hidup saya berubah. Pertemuan itu berlanjut menjadi hubungan kencan dan akhirnya pernikahan, dan kemudian, kelahiran anak-anak saya, Jonathan dan David -- juga merupakan titik balik penting dalam hidup saya.

Titik Balik Rohani:

Sebuah titik balik rohani adalah sesuatu yang terjadi yang mengubah atau memengaruhi hubungan Anda dengan Tuhan. Suatu hari, seorang teman saya bertanya apakah saya siap untuk berjumpa dengan-Nya. Saya siap, jadi saya membuat "janji" untuk bertemu Tuhan. Maksud saya, saya benar-benar membuat janji. Saya yakin saat itu pukul dua siang, dan saya ingat berjalan ke rumah teman yang baru saja melahirkan. Saya begitu kagum akan kasih Allah saat masuk ke rumah mereka sehingga saya berusaha sekeras mungkin untuk tidak menangis. Teman-teman saya memimpin saya berdoa dan saya menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.

Malam harinya, saya mandi. Ketika selesai, saya berbaring di kamar, merenungkan kejadian hari itu. Saya sudah berbaring sekitar sepuluh menit ketika saya mendengar bunyi sesuatu yang jatuh dengan keras. Saya langsung bangun untuk melihatnya: langit-langit di kamar mandi, di mana saya hanya beberapa menit sebelumnya di situ, semuanya runtuh. Sulit dipercaya! Apa yang akan terjadi jika saya masih di sana? Saya tidak mengerti, tetapi yang saya tahu adalah bahwa sebelum kejadian itu saya telah berada dalam rencana surgawi Allah, dan itu menandai titik balik rohani penting dalam hidup saya.

Ketika kita melihat titik balik kehidupan dan titik balik rohani, kita perlu memerhatikannya karena hal-hal itu berhubungan dengan berbagai bidang kehidupan kita: pribadi, keluarga, pendidikan, dan masyarakat. Tidak setiap titik balik akan berdampak pada setiap bidang kehidupan, tetapi umumnya akan memengaruhi satu atau dua bidang. Tuhan mengizinkan terjadinya beberapa situasi dalam hidup Anda, dan Anda mungkin tidak memiliki kontrol atas apa yang telah terjadi pada Anda. Namun, Anda memiliki pilihan tentang apa yang akan Anda lakukan dalam hidup dan masa depan Anda. Kekuatan kisah Anda sangat beragam, serta tak tergantikan.

Refleksi yang Dilakukan dengan Kesungguhan:

Nah, setelah Anda berpikir tentang kehidupan Anda, peristiwa-peristiwa penting itu mungkin mulai menjadi jelas. Namun, untuk menyempurnakannya, akan bermanfaat untuk menyisihkan waktu di rumah atau di mana Anda dapat mengkhususkan diri untuk proses ini. Berikut adalah cara langkah demi langkah untuk melakukannya.

Langkah Pertama: Titik Balik Hidup Saya

Mulailah dengan menuliskan apa yang Anda pikirkan adalah titik balik yang signifikan dalam hidup Anda. Jangan khawatir -- Anda akan memiliki waktu untuk mengedit daftar, dan akan ada orang-orang yang berbeda dalam sejumlah titik balik yang mereka alami. Akan berguna untuk mengetahui bahwa adalah biasa bagi seseorang yang berusia 20-an dan 30-an memiliki antara lima dan sepuluh; seseorang di usia 40-an memiliki antara sepuluh dan lima belas; seseorang di usia 60-an memiliki antara dua puluh dan dua puluh lima. Anda mungkin memiliki lebih atau kurang dari itu. Berikan judul untuk setiap titik balik, serta perkiraan tanggal atau periode waktu untuk masing-masing.

Langkah Kedua: Titik Balik Rohani Saya

Kali ini lakukan hal yang sama, tetapi tuliskan titik balik rohani yang signifikan dalam hidup Anda. Pertobatan umumnya adalah titik paling penting dalam kehidupan orang percaya. Ketika Anda memerhatikan hal-hal itu, Anda mungkin ingin melampirkan kutipan atau ayat Alkitab yang akan membantu Anda untuk memperdalam makna periode ini. Tidak mengapa jika hanya memiliki satu atau dua.

Langkah Ketiga: Doa

Saat Anda melakukan proses ini, berdoalah agar Tuhan mengungkapkan setiap bidang kehidupan Anda yang dianggap sebagai titik balik:

Tuhan, aku akan terus memuji-Mu di sepanjang hidupku. Bahkan, ketika aku tidak mengerti semua jalan-Mu, aku memilih untuk menaruh kepercayaanku di dalam Engkau. Aku berdoa kiranya Engkau mau menerima hidupku dan memakainya. Aku berdoa kiranya Engkau mengingatkan setiap titik balik yang signifikan dalam hidupku. Beri aku keberanian dan wawasan untuk melihat hidupku sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk kemuliaan-Mu. Gunakan hidupku untuk tujuan-Mu, untuk mencapai kehendak-Mu di bumi. Aku berdoa kiranya Engkau berbicara di hatiku mengenai hal-hal yang penting bagiku supaya aku memahami ke mana Engkau memimpinku. Bukalah mataku supaya aku dapat melihat hidupku sedemikian rupa sehingga aku dapat mendorong dan membantu orang lain yang mungkin akan kutemui.

Langkah Keempat: Menggabungkan Semuanya

Titik balik seperti sebuah peta jalan. Dengan itu, Anda dapat mengetahui di mana Anda sebelumnya, menunjukkan bagaimana Anda sampai di tempat Anda saat ini, dan membantu mengarahkan ke tujuan Anda berikutnya. Memahami titik balik dapat membantu kita memahami kisah yang mau disampaikan oleh Tuhan melalui kehidupan kita. Saya mendorong Anda untuk berani dan berteguh hati dalam kehidupan yang Tuhan berikan kepada Anda. Seseorang perlu untuk mendengar kisah Anda. Maukah Anda memberi tahu mereka? (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dan disunting seperlunya dari:

Nama situs : Crosswalk
Alamat URL : http://www.crosswalk.com/faith/women/new-year-new-life-story.html
Judul asli artikel : New Year, New Life Story
Penulis artikel : Angela Bisignano, Ph.D
Tanggal akses : 24 Juni 2015
Tipe Bahan: 
Kolom e-Wanita: 
kategori: 

Komentar