Mengatasi Kecemburuan

Ketika Anda melihat kata "kecemburuan" dengan cermat, ada hal penting yang menonjol. Perasaan cemburu membuat Anda merasa canggung! Karen Wolff dari Christian-Books-for-Women.com meninjau penyebab kecemburuan, lalu menggambarkannya dengan sederhana sebagai langkah-langkah praktis untuk mengatasi kecemburuan.

Bagaimana Anda Mendefinisikan Kecemburuan?

Kata "kecemburuan" dalam kamus Webster didefinisikan sebagai "kewaspadaan yang amat besar/tinggi". Namun, definisi ini tidak begitu terlihat memuat kekuatan emosi yang besar dalam kecemburuan. Alkitab mengatakan dalam Amsal 27:4, "Kemarahan adalah kejam dan murka melanda, namun siapa yang dapat menghadapi kecemburuan?" Kalimat ini terlihat memberi makna yang lebih baik pada kata kecemburuan.

Latar Belakang

Apa yang terjadi ketika setiap orang merasa benar-benar bahagia satu terhadap yang lain? Apakah Anda ingat waktu-waktu tersebut, ketika tidak ada seorang pun yang menginginkan milik orang lain? Oh, tunggu dulu! Waktu-waktu itu tidak pernah ada.

Kecemburuan mungkin adalah salah satu emosi tertua yang ada di dunia. Perasaan ini sudah muncul sejak permulaan zaman. Perhatikanlah Kain dan Habel. Sekarang, ada contoh utama dari kecemburuan yang mengantarkan pada tindakan yang mengerikan.

Penyebab Kecemburuan

Apa yang menyebabkan kecemburuan? Bagaimana kecemburuan bisa muncul dan bagaimana kita mengatasinya?

Penyebab umum kecemburuan:

  1. Harapan yang tidak terpenuhi. Sering kali kita menempatkan harapan yang tidak realistis kepada diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Sering kali kita merasa segala sesuatu seharusnya datang lebih mudah dan lebih cepat kepada kita. Kemudian, jika semua itu tidak terjadi seperti yang kita harapkan, kita pasti pergi kepada seseorang yang sudah memiliki apa yang kita inginkan. Dan tiba-tiba, kita merasakan gelora emosi yang buruk dan makin besar, yang disebut kecemburuan.
  2. Perasaan berhak. Untuk beberapa alasan, kita memiliki sikap yang berurat akar bahwa kita berhak untuk memiliki banyak hal. Ketika anak-anak meninggalkan rumah mereka untuk pertama kalinya, mereka meyakini standar hidup mereka pasti sama dengan standar orang tua mereka. Mereka tidak menyadari bahwa orang tua mereka telah bekerja bertahun-tahun. Sering kali orang-orang yang memiliki masalah keuangan merasa "berhak" untuk membeli barang-barang secara kredit walaupun mereka tahu itu adalah ide buruk. Memiliki mobil yang paling bagus dan mainan terbaru terlihat lebih penting daripada bebas utang.
  3. Perasaan tidak aman. Melihat orang lain dan berandai-andai kita memiliki apa yang mereka miliki memang sangat mudah. Dan sering kali hal ini tidak berhenti sampai di sini. Kita mulai mencaci diri sendiri karena tidak memiliki apa yang mereka miliki. Kemudian kita mulai meyakini ketidakbergunaan diri sendiri. Selanjutnya, kita membangun perasaan tidak aman dalam hubungan kita.

Pengobatan bagi Kecemburuan?

Lalu, apa yang dapat kita lakukan terhadap kecemburuan?

Setelah membaca semua hal yang dapat menimbulkan perasaan cemburu, kita mungkin merasa riwayat kita sudah tamat. Kita mungkin berpikir bahwa kita selalu kurang dalam beberapa lingkup kehidupan. Namun, bukan itu masalahnya.

Mengatasi Kecemburuan

Ada kabar bagus! Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menghentikan bola kecemburuan yang akan terus bergulir dalam hidup kita.

Cara mengatasi kecemburuan:

  1. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Anda diciptakan sebagai orang yang sangat unik dan istimewa. Allah telah memiliki rencana terhadap Anda jauh sebelum Anda dilahirkan. Sadarilah pemikiran ini. Cintailah kenyataan bahwa Anda istimewa. Apa yang Allah pikirkan tentang Anda, tidak sama dengan yang dipikirkan orang lain. Jadi, Anda tidak perlu merasa malang karena Anda tidak memiliki semua kualitas, keistimewaan, uang, atau apa pun yang dimiliki orang lain. Penjelajahan Anda hanya ini -- apa yang Anda miliki.
  2. Berhentilah untuk setiap saat mengkhawatirkan diri Anda sendiri. Carilah cara untuk menjadi berkat bagi orang lain. Ketika Anda mengubah fokus Anda dari diri sendiri, maka dengan segera gambaran tentang diri Anda sendiri akan berkembang. Anda pasti mengalami kepuasan yang hanya datang ketika Anda menjadi berkat bagi orang lain. Prioritas Anda akan berubah, dan suatu hari Anda akan menyadari bahwa hal-hal yang dahulu membuat Anda cemburu dan menjadi gila, tidak akan terlalu mengganggu Anda lagi.
  3. Berhentilah menginginkan apa yang dimiliki orang lain jika Anda tidak bersedia menjalani apa yang mereka lakukan untuk mendapatkannya. Ketika Anda melihat seseorang yang secara fisik sehat dan tampak sangat hebat, sangatlah mudah bagi Anda merasa sangat cemburu. Namun, apakah Anda bersedia untuk melakukan latihan (olah raga) setiap hari? Apakah Anda bersedia mengonsumsi makanan sehat dan berusaha untuk menjadi sehat? Jika tidak, maka tidak ada alasan untuk menjadi cemburu, bukan?
  4. Mulailah untuk berfokus pada hal-hal positif dalam hidup Anda. Allah sudah memberi Anda banyak hadiah yang indah yang tidak dimiliki oleh orang lain. Berfokuslah untuk menggunakan hadiah-hadiah tersebut untuk membantu orang lain. Karena pikiran Anda hanya dapat benar-benar berpikir tentang satu hal dalam satu waktu, bukankah masuk akal untuk memastikan bahwa "satu hal" tersebut adalah hal yang positif, dan mengarahkan Anda kepada hal-hal yang sangat besar dalam hidup?

Resolusi

Membebaskan diri dari kecemburuan dimulai dari pikiran Anda. Ketika Anda mengubah cara berpikir Anda, Anda akan mengubah cara Anda mengira-ngira dan bertindak. Cara termudah untuk mengubah fokus Anda adalah dengan mulai menolong orang lain. Cara ini benar-benar memanfaatkan waktu dengan baik. Atau lebih baik lagi, mengaplikasikan pemikiran dengan baik. (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Christianity.about.com
Alamat URL : http://christianity.about.com/od/practicaltools/i/overcomejealous.htm
Judul asli artikel : Overcome Jealousy
Penulis : Karen Wolff
Tanggal akses : 7 Februari 2013
Kategori Tips: 
Tipe Bahan: