Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Wanita

Loading

Istri Manoah -- Wanita dalam Alkitab

Hakim-hakim 13-14

Cerita tentang istri Manoah adalah salah satu cerita yang luar biasa dalam Alkitab. Cerita yang indah ini menunjukkan cinta dan kuasa TUHAN yang kita sembah. Manoah adalah ayah Samson. Ia menikahi seorang wanita yang mandul dan tidak memunyai anak (Hakim-hakim 13).

Suatu hari, seorang Malaikat TUHAN menampakkan diri kepada istrinya dan berfirman kepadanya bahwa ia akan memiliki seorang anak.

Banyak ahli kitab percaya bahwa istilah "Malaikat TUHAN" menunjuk pada penampakan khusus Yesus sebelum kelahiran badaniah-Nya melalui Maria. Tuhan memang menunjukkan diri kepada manusia pada masa Perjanjian Lama dalam wujud manusia (Kejadian 18). Ada juga beberapa kejadian yang mengacu pada penampakan "Malaikat TUHAN" (Kejadian 16:7; 22:11; 31:11; Keluaran 3:2; 14:19; Hakim-hakim 2:1; 13:3; Zakaria 3:1-6).

Istri Manoah adalah salah satu dari segelintir orang yang melihat Malaikat TUHAN menampakkan dirinya. Malaikat itu muncul dalam rupa seorang laki-laki (Hakim-hakim 13:11-15) dan firman Malaikat itu memberikan pasangan yang tidak memiliki keturunan tersebut seorang anak. Betapa ajaibnya TUHAN yang kita layani. TUHAN berkenan mengirimkan "perantara-Nya" untuk menemui seorang wanita yang tampaknya sama sekali tidak penting (kita bahkan tidak tahu namanya).

Cara Allah menghargai manusia berbeda dengan cara dunia. Jangan pernah memandang rendah diri Anda sendiri sebab TUHAN tidak memandang rendah Anda.

Peristiwa penampakan Malaikat TUHAN kepada istri Manoah mengajari kita dua hal mengenai cara Allah bertindak dalam mengintervensi permasalahan manusia. TUHAN dapat bertindak secara langsung atau (dan) secara supernatural.

Tindakan Allah yang secara langsung adalah tindakan yang Ia lakukan tanpa ada permohonan atau keinginan dari kita. Inilah yang terjadi dalam Hakim-hakim 13:3. Malaikat Allah datang tanpa ada undangan atau doa permintaan dalam keluarga Manoah.

Tindakan supernatural Allah adalah tindakan yang dilakukannya atas permintaan kita. Inilah yang terjadi dalam Hakim-hakim 13:8-31. Doa Manoahlah yang membawa malaikat Allah kembali untuk yang kedua kalinya.

Tindakan Allah yang secara langsung tertuju kepada segelintir orang yang dipilih-Nya dengan cara ini, sedangkan tindakan supernatural-Nya untuk semua orang yang ingin menjangkau-Nya dengan iman.

Wanita Allah, Allah dapat melakukan tindakan berdaulat dalam kehidupan Anda, namun Anda dapat menerima tindakan supernatural ketika Anda meminta dalam iman. Istri Manoah menerima kedua-duanya.

Kitab Suci menyatakan bahwa wanita lebih banyak menerima tindakan berdaulat dari Allah daripada pria. Jangan kita lupakan bahwa istri Manoah mandul, tetapi dengan tindakan berdaulat dan supernatural Allah dia mendapatkan seorang anak. Apa pun yang Anda percayai kepada Tuhan hari ini, dapat Anda terima.

Banyak orang hanya percaya dalam tindakan Allah yang secara langsung dan melupakan (atau tidak percaya) pada tindakan-tindakan supernatural-Nya. Hampir semua mukjizat Yesus dalam Perjanjian Baru adalah tindakan yang supernatural. Tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak dapat menerimanya.

Tindakan supernatural Allah membutuhkan keinginan dan iman dari kita (Hakim-hakim 13:8-9, Ibrani 11:6).

Ketika Manoah dan istrinya memberikan kurban bagi Allah, malaikat naik ke surga (Hakim-hakim 13:19-21). Pujian dan penyembahan membuka surga bagi kita. Jika Anda ingin menyentuh hati Allah, maka belajarlah untuk memuji Dia.

Hakim-hakim 13 menceritakan kisah pasangan yang terpaku oleh rahmat dan anugerah Allah dalam kehidupan mereka.

Allah datang kepada mereka dan mengajarkan mereka tentang tindakan-tindakan-Nya yang berdaulat dan supernatural. Dia menunjukkan kepada mereka pentingnya pujian. Dia mengungkapkan kepada mereka keinginannya menggunakan buah kandungannya. Dia membawa kehidupan ke dalam tempat yang dulunya dianggap kosong. Dia menggunakan wanita yang dianggap tidak berarti dan tidak penting.

Setelah Allah selesai berurusan dengan istri Manoah, dia menjadi wanita Allah yang percaya diri yang dapat peka terhadap jalan Allah, memberi nasihat yang sesuai firman-Nya dan yang berbuah (Hakim-hakim 13:23-24).

Berdoalah agar Allah mengunjungi Anda hari ini. (t\Ully)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : The Living Word Library
Alamat URL : http://www.wordlibrary.co.uk/article.php?id=172&type=bible
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 7 April 2011

Komentar


GUBUK

Gudang Buku Kristen

  • Wanita Pilihan Allah
  • A Woman and Her God
  • Wanita Unik
  • Perjalanan Hidup Wanita Menuju Hati Allah Woman After God's Own Heart What Happens When Woman Pray Disciplines of the Beautiful Women