Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Wanita

RSS Blog SABDA

Subscribe to RSS Blog SABDA feed
melayani dengan berbagi
Updated: 1 hour 58 min ago

Ocena skutecznosci wirtualnych pomieszczen danych | Vdr due diligence

Mon, 04/08/2019 - 16:07

Z fachowego punktu widzenia uzytkownik VDR jest podmiotem zatrudniajacym dostawce VDR w toku konfigurowania VDR i placenia za usluge - cel. Nalezy jednak wziac pod spodem uwage przewagi i slabosci VDR z punktu widzenia kupujacego, poniewaz to kupujacy zaoferuje koszty za plan. Cena nasza moze okazac sie wyzsza poprzez dokonanie specyficznych wzgledów kupujacego. W nastepstwie tego zapotrzebowania nabywcy dotyczace korzystania z VDR w zaleznosci od z tradycyjnym PDR beda jednakowo fundamentalne, jakim sposobem i byc moze bardziej niz potrzeby sprzedajacego. Z tegoz powodu korzystamy z zalet VDR zarówno dla kupujacego, jak i sprzedajacego. Nadrzedne zalety VDR dla nabywcy obejmuja oszczednosc kosztów jak i równiez czasu, przepych, przejrzystosc sporu i sposobnosc zapewnienia równosci wsród kazdego z potencjalnych konsumentów. W takiej sekcji omówimy kazda z tych przewag.

  • Uczciwe pole gry. Zespoly zaplanowane w przyszlosci beda posiadaly mniej periodu na analize, co ma mozliwosc negatywnie ograniczac ich wiazace oferty jak i równiez powaznie zmniejszyc szanse dzieki zawarcie umowy. W VDR wszystkie zestawy maja ów sam dopuszczenie do ideals data room kierowców samych wiadomosci w tym samym okresie. Dlatego VDR wyrabia równe szanse i naprawia sprawnosc procesu dla wszelkich zaangazowanych, przynajmniej na zakresie przetwarzania informacji.
  • Luksus. Uwaza sie, ze uprawianie jakiejkolwiek pracy lub aktywnosci, a cos wiecej niz zadan dotyczacych nalezyta starannoscia, w wygodnym i produktywnym srodowisku dzierzy wiele dodatnich skutków gwoli zadowolenia zatrudnionych, co bez watpienia jest precyzyjnie zwiazane wraz z ich produktywnoscia. Dodatkowo, dojscie do VDR przez 24 godziny na 24h, 7 dni w tygodniu w duzej mierze powieksza produktywnosc czlonków teamu, jacy istnieja w wyzszym stopniu wydajni na nocy anizeli w konwencjonalnych godzinach roboty.
  • Oszczednosci nakladów. W sprawach transgranicznych ponoszone sa zauwazalne koszty, zas nabywcy maja obowiazek podrózowac pod rynki obce do PDR w adresie docelowej. Dzieki VDR koszty podrózy jak i równiez hotelu powiazane z cyklem przetwarzania informacji sa w duzej mierze obnizone i moga pozostawac poniesione jedynie na uczestnictwo w prezentacji zarzadzania badz innych istotnych spotkaniach miedzy osobami. VDR wykorzystuja mocne strony Sieci internetowej, aby wykluczyc odleglosc posród stronami.
  • Gospodarnosci czasu. VDR pozostaja otwarte dluzej anizeli PDR, przecietnie od kilku do szesciu miesiecy. W przeciwienstwie do tego, zespól kupujacego w PDR wielokrotnie ma dojscie do dwóch do pieciu dni. Ponadto VDR jest otwarty 24 godziny na 24h, podczas gdy PDR niejednokrotnie umozliwia ograniczony dopuszczenie (np. 10-ciu godzin dziennie), biorac pod atencje zredukowania kadrowe jak i równiez fizyczne.
  • Przezroczystosc. Zwiekszona przystepnosc okresla takze wyzsza komunikacje posród kupujacym oraz sprzedajacym przy trakcie zupelnego procesu, albowiem cala poczta jest „oficjalna”, gdy wydaje sie zapisywana przy formie pisemnej przez VDR. Zwiekszona przystepnosc powoduje równiez zmniejszenie asymetrii informacji pomiedzy kupujacym zas sprzedajacym. Co wiecej, zwiekszona przystepnosc wyznacza swieze standardy przedtem nie do pomyslenia gwoli fizycznie wykonanej due diligence. Zachowania kryminalne sa nieslychanie ograniczone, bowiem kupujacy nie sa po stanie krasc lub nieumiejetnie obchodzic sie z papierami w rózny sposób, a sprzedajacy nie zaakceptowac sa w calej stanie umozliwic niektórym nabywajacym uprzywilejowanego badz nieuczciwego dotarcia podczas przebiegu sprzedazy.

Zanim zapoznaniem sie z zaletami i wadami VDR, konieczne jest uchwycenie pozycji i celu takze kupujacego, oraz sprzedajacego na transakcji fuzji i przejec oraz naturalnego róznic. W przewazajacej liczbie transakcji fuzji i przejec glównym obowiazkiem sprzedajacego wydaje sie byc sprzedaz firmy, spólki zaleznej lub wybranych aktywów w ciagu najwyzsza realna cene. Swoja droga, celem nabywajacego, jak wyjasniono wczesniej, wydaje sie byc ustalenie, albo kupic zamysl, a jesli tak, wówczas za która cene. Pytania te napedzaja proces due diligence nabywajacego. Poniewaz obie strony moga miec sprzeczne przedmioty, nie musi dziwic, ze wiekszosc zalety dla kupujacego moze byc niepomyslna na rzecz sprzedawcy i na odwrót.

Pengalaman Mengikuti Training “The 360 Degrees Leadership”

Wed, 03/13/2019 - 11:57

Oleh: *Isak

Halo, perkenalkan saya Isak, mahasiswa Universitas Kristen Petra, yang menjalani program magang di YLSA selama dua bulan. Berikut ini adalah tulisan saya mengenai salah satu pengalaman yang paling mengesankan ketika mengikuti magang di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA. Pada 16 - 17 Februari 2019, saya dan teman magang saya Fransisco, beserta staf SABDA lainnya (Pram, Tika, dan Kunarti) mendapat kesempatan untuk mengikuti training leadership dengan tema "The 360 Degrees Leadership". Training yang berdasarkan modul John C. Maxwell tersebut merupakan hasil kerja sama antara EQUIP (Equipping Leaders TO Reach Our World) dan TOTAL (Training and develOpment for TodAy’s Leaders). Training ini diadakan di Orient Restaurant, Solo Baru.

Mengapa disebut "Kepemimpinan 360 derajat"? Kepemimpinan 360 derajat berbicara tentang pemimpin yang berada di lini tengah. Mereka yang berada di posisi ini harus memiliki kemampuan untuk memimpin ke atas (lead Up), memimpin ke samping (lead a across), dan memimpin ke bawah (lead down). Dengan begitu, pemimpin 360 derajat diharapkan terampil memimpin atau beradaptasi dengan banyak tipikal posisi dalam organisasi dan terampil dalam menjembatani antarposisi.

Materi training ini dibagi dalam 6 sesi, 3 sesi per harinya. Sesi-sesi yang dibahas adalah:
1. Mitos bahwa Kepemimpinan harus dari Inti Sebuah Organisasi
2. Tantangan-Tantangan yang Dihadapi oleh Pemimpin 360 Derajat
3. Prinsip-Prinsip Pemimpin 360 Derajat Melakukan Memimpin ke Atas
4. Prinsip-Prinsip Pemimpin 360 Derajat Melakukan Kepemimpinan Lintas Arah
5. Prinsip-Prinsip Pemimpin 360 Derajat Melakukan Kepemimpinan ke Bawah
6. Pemimpin 360 Derajat dan Kemurahan Hati

Keenam sesi di atas memberikan gambaran besar bahwa kepemimpinan bukanlah tentang posisi, melainkan pengaruh. Selain itu, saya juga diingatkan pada satu hal esensial, yaitu bahwa 85% kepemimpinan adalah tentang relationship/hubungan. Walaupun merupakan hal yang esensial, tetapi tidak jarang saya mengabaikan bahkan melupakan hal ini.

Dari keenam sesi tersebut, sesi yang paling berkesan bagi saya adalah sesi kedua. Tantangan pasti akan selalu ada untuk pemimpin, bahkan pemimpin yang sudah menguasai 360 derajat sekalipun. Sesi kedua ini memberi saya pelajaran bagaimana melihat tantangan tersebut bukan sebagai beban, melainkan peluang untuk bisa memimpin secara 360 derajat.

Setelah mengikuti training ini, saya dan teman-teman lainnya yang mengikuti training diberi kesempatan untuk membagikan kembali bahan materi training kepada seluruh staf SABDA. Untuk aplikasinya, bagi diri saya sendiri, ada dua. Pertama, berdoa untuk setiap pemimpin Kristen yang ada di Indonesia. Kedua, saya ingin menjalin relasi lebih baik lagi dengan orang-orang di sekitar saya. Harapan saya bukan untuk memperoleh sesuatu dari mereka, melainkan untuk saling mengisi satu sama lain, dengan kasih Tuhan tentunya.

Kiranya tulisan saya kali ini boleh memberkati Anda yang membacanya. Saya juga mendorong kita semua untuk menjadi pemimpin 360 derajat (tidak peduli apa posisi kita). Tuhan Yesus memberkati!

“An Experience That Shaped Me”

Fri, 03/08/2019 - 12:59

Oleh: Oleh: *Fransisco

Perkenalkan, nama saya Fransisco, dari Universitas Kristen Petra, Surabaya. Di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA), saya magang sebagai pemrogram selama dua bulan, dari Januari hingga awal Maret 2019. Awalnya, sama sekali tidak terpikirkan oleh saya untuk menjalani program magang di YLSA, sebab sebelumnya saya berniat untuk magang sebagai "game developer". Saya terus mencari, tetapi tidak menemukan tempat sesuai dengan kriteria yang saya inginkan. Kemudian, ada seorang teman yang menawari saya untuk magang di YLSA, dan setelah menimbang-nimbang, kemudian saya memutuskan untuk menerima tawarannya. Saya sempat khawatir dengan kondisi baru yang tak terduga ini, tetapi semua kekhawatiran itu perlahan-lahan mulai hilang.

Tanggal 2 Januari 2019 menjadi hari pertama saya bekerja di YLSA. Saya dan teman magang saya, Isak, bersama staf-staf YLSA lainnya mengikuti persekutuan doa dan "sharing" setelah menjalani liburan akhir tahun. Hari itu, kami berdua mendapat orientasi komputer, orientasi HRD, dan lain-lain. Adapun koordinator kami masih berhalangan hadir untuk beberapa hari sehingga kami harus bekerja sendiri. Ini sempat membuat kami berdua bingung. Untungnya, staf-staf YLSA selalu mengingatkan kami, mereka berkata, "Tidak apa-apa, minggu pertama bekerja memang akan bingung. Jalani saja. Pelan-pelan, kamu akan terbiasa." Untunglah, apa yang mereka katakan terbukti benar. Hari kedua, ketiga, hingga minggu pertama selesai, saya mulai bisa beradaptasi dan tidak terlalu bingung lagi. Saya mulai bersosialisasi dengan staf-staf di sini. Mereka pun dengan ramah membuka diri kepada saya, dan membantu saya ketika saya menghadapi kesulitan atau kebingungan. Minggu pertama ini menjadi minggu terberat, tetapi setelahnya, koordinator kami, Mas Hadi, akhirnya datang. Dia memberi kami bimbingan seputar tugas yang harus dilakukan dan memberi tahu bagaimana menyelesaikan tugas kami. Dengan adanya Mas Hadi, pekerjaan kami menjadi lebih terarah. Ketika saya bingung, saya bisa bertanya kepadanya. Mas Hadi juga sangat ramah sehingga saya tidak sungkan kalau saya punya pertanyaan. Setelah berbincang lebih jauh dengan Mas Hadi, ternyata kami mendapat tugas untuk mengerjakan "Bible card" dan "Comic Study Center" (ComicZone).

Hari demi hari, kami jalani sambil mengerjakan tugas kami. Di sela-sela pekerjaan utama, kami juga mendapat tugas-tugas sampingan, salah satunya didaulat untuk membantu publikasi Suara SABDA. Teman magang saya, Isak, kebagian tugas untuk membuat template HTML Suara SABDA. Ini adalah publikasi terbaru dari YLSA yang kontennya merupakan gabungan dari 11 publikasi yang pernah dirilis sebelumnya. Saya melihat Isak bekerja dengan sangat keras, sebab untuk menyelesaikan tugas ini tidaklah mudah. Banyak pertimbangan dan revisi yang dilakukan. Staf-staf di tempat ini juga mendukung teman saya tersebut dengan memberi semangat dan masukan yang memudahkan pekerjaannya. Selain membantu membuat template HTML Suara SABDA, kami juga mendapat tugas untuk membuat situs AYT.co. Situs ini nantinya akan menjadi situs web resmi Alkitab Yang Terbuka (AYT), yang pernah dikembangkan YLSA lima tahun yang lalu, tetapi "mandeg", dan kini diteruskan seiring dengan selesainya penyuntingan teks AYT. Tugas-tugas tersebut selalu kami mulai tiap hari dengan melakukan "daily scrum meeting" (stand-up). Di dalamnya, kami membahas apa yang telah kami kerjakan, kendalanya, bagaimana mengatasinya, dan rencana ke depan. Dengan adanya "stand-up meeting", saya merasa pekerjaan yang dikerjakan dapat lebih dikontrol, dan bisa mengatur prioritas pekerjaan dengan lebih baik.

Selain tugas-tugas programming yang harus saya kerjakan, saya juga sangat terberkati dengan adanya persekutuan doa (PD) dan pendalaman Alkitab (PA) yang diadakan setiap pagi. Dari PD/PA yang saya ikuti, saya mendapatkan nilai-nilai kerohanian ataupun aplikasi yang dapat saya terapkan dalam kehidupan pribadi dan kehidupan sosial. "Sharing" yang saya dengarkan juga membuka mata saya untuk melihat hal-hal baru yang tidak pernah terpikirkan oleh saya. Kemudian, hasilnya dapat menjadi pedoman saya untuk menjalani hari-hari sebagai murid Kristus.

Inilah kesan-kesan saya selama menjadi staf magang di YLSA walaupun apa yang saya bagikan dalam tulisan ini hanyalah bagian kecil dari pengalaman tersebut. Masih banyak hal berkesan lain terkait dengan para staf YLSA, suasana, dan kegiatan tiap harinya. Saya sungguh bersyukur. Saya yang awalnya ragu, takut, dan tidak mengerti apa-apa, kemudian semakin paham karena dituntun dan dibina oleh teman-teman staf YLSA dengan ramah dan sabar. Menjalani magang di YLSA awalnya tidak saya rencanakan, tetapi pada akhirnya membuahkan pengalaman yang berharga. Bukan kebetulan saya ada di tempat ini, dan saya rasa ini adalah cara Tuhan untuk membentuk saya menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semoga tulisan saya ini bisa menjadi berkat bagi kita semua. Terima kasih. Tuhan memberkati!

Pengalaman Mengerjakan Apps OLB Reader

Fri, 03/01/2019 - 14:55

Oleh: *Jeffrey

Shalom, teman-teman pembaca Blog SABDA. Apa kabar semua? Semoga di mana pun Saudara berada boleh dalam keadaan baik-baik, sehat, dan terus menjadi berkat. Pada kesempatan ini (setelah lama tidak menulis - Red.), saya ingin membagikan pengalaman dan proses dalam mengembangkan Apps OLB Reader. Apa itu Apps SABDA OLB Reader? Singkatan dari Aplikasi Online Bible Reader.

Sebelum menjelaskan OLB Reader, saya ingin menceritakan latar belakangnya lebih dahulu. Mungkin bagi kita atau bagi mahasiswa teologi, dan hamba Tuhan, software Alkitab seperti "BibleWorks", "E-Sword", "OnLine Bible", dll. adalah alat yang sangat menolong untuk menggali Alkitab dengan mendalam dan lebih bertanggung jawab. Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) sebagai yayasan nonprofit yang bergerak dalam bidang "Biblical Computing" juga mempunyai software Alkitab, yang dinamakan SABDA (Software Alkitab, Biblika, Dan Alat-alat) atau Software OnLine Bible versi Indonesia yang cukup banyak dipakai oleh mahasiswa teologi atau para hamba Tuhan di Indonesia. Melalui Software SABDA ini, para mahasiswa dan hamba Tuhan dapat mengakses banyak sekali bahan Alkitab yang dikemas dalam modul-modul, seperti berbagai versi dan bahasa terjemahan Alkitab, Alkitab yang dilengkapi dengan nomor strong (untuk merujuk ke kata-kata dalam bahasa asli Alkitab) dan leksikon untuk menjelaskan arti kata-kata tersebut, tafsiran-tafsiran, Kamus Alkitab, Peta Alkitab, buku-buku rohani, dan banyak modul lainnya. Sedikit sejarah yang saya ketahui mengenai Software SABDA ini bahwa ternyata Software OnLine Bible (OLB) sudah ada semenjak zaman DOS (Saat itu Sistem Operasinya belum Windows). Setiap modul teks Alkitab dan data-data lain pada zaman itu dikompres dengan sangat efisien. Mungkin terlalu teknis jika saya jelaskan secara mendetail. Sepengetahuan saya, semua itu ditulis dalam bit, byte, token, dan lain-lain. Hal ini memungkinkan penyimpanan data yang besar dalam kapasitas disket yang kecil, karena saat itu belum zamannya harddisk.

Software SABDA yang lama telah dan tetap akan menjadi berkat untuk belajar Alkitab, tetapi dunia terus bergerak maju dan teknologi terus maju. Seperti halnya Software OLB dimulai dari zaman sistem operasi DOS, kemudian beralih ke Windows, dan akhirnya bisa diakses dengan PC dan Laptop. Namun, tentunya perkembangan teknologi tidak berhenti sampai di Desktop Programming. Sebab, teknologi Desktop itu adalah teknologi yang dimulai tahun 1987. Dahulu Bill Gates (Microsoft) mempunyai visi bahwa di masa depan di dalam setiap rumah akan ada 1 PC. Sekarang adalah zaman yang setiap orang punya 1 atau lebih Handphone dan kita telah memasuki zaman mobile dan AI. Ketika saya mengikuti sekilas Seminar Google I/O tahun 2018, ada sesi yang menyebutkan bahwa setiap 10 tahun ada pergesaran besar dalam dunia komputer. Ketika Software SABDA yang didesain untuk Windows Programming masih dan tetap menjadi berkat sampai sekarang, kita perlu membuka jalur lain untuk menjangkau anak-anak milennial secara lebih luas yang dalam kesehariannya banyak menggunakan HandPhone sebagai bagian dari diri mereka.

Inilah latar belakang dikembangkannya Apps SABDA OLB Reader. SABDA OLB Reader adalah Aplikasi Mobile yang bisa dijalankan di Android dan IOS. Melalui Aplikasi ini, kita dapat membaca hampir sebagian besar modul Software SABDA yang memiliki bahan yang sangat melimpah. Nama "SABDA" dilekatkan di depannya karena ini adalah hasil modifikasi dari Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Dikembangkan menggunakan Xamarin Forms dengan bahasa pemograman Visual C#. Kelebihan OLB Reader ini adalah bahan-bahan pembelajaran Alkitab mudah diakses secara mobile, mudah untuk dibawa ke mana-mana dan juga tersedia baik dalam Android maupun IOS. Dan, kalau pembelajaran Alkitab dahulu mungkin lebih dikhususkan untuk mahasiswa teologi dan para hamba Tuhan, maka dengan adanya OLB Reader ini dimungkinkan orang awam pun dapat belajar mengakses bahan dengan lengkap. Pembelajaran Alkitab bukan hanya untuk para imam, melainkan untuk semua orang awam. Ini adalah spirit reformasi!

Aplikasi OLB Reader ini masih terus dikembangkan, dan saya, Jeffrey Liem, adalah developer utama VisualC# yang ditugaskan (yang saya percaya juga "by divine appointment") hanya oleh anugerah-Nya. Saya sangat menyadari keterbatasan saya dalam kefasihan, keahlian, dan kemampuan untuk pengembangan yang lebih baik. Namun, saya terus berdoa meminta kekuatan Tuhan kiranya Dia memberikan hikmat, kekuatan, kreativitas, kesehatan, dan energi yang dibutuhkan untuk tidak hanya memulai proyek ini dengan baik, tetapi juga menyelesaikan dan menyempurnakannya. Tentunya, saya tidak bekerja seorang diri. Data yang sangat melimpah dan kode yang telah dibuat oleh para programmer pendahulu memudahkan saya untuk mengembangkannya. Untuk membuatnya menjadi aplikasi, dibantu secara tidak langsung oleh dua orang dari tim ITS SABDA, saya mengerjakan semua aspek dari design, riset, pembelajaran, coding, revision, dan debugging. Karena bekerja di lokasi yang berbeda dengan tim ITS SABDA, ada kalanya saya merasa kesepian. Pikiran coding ini juga sampai terbawa dalam aktivitas-aktivitas di luar pekerjaan. Di sisi lain, ada beban yang mendalam karena pekerjaan ini seperti tugas yang harus saya selesaikan dalam panggilan hidup saya. Sebagai proyek komunitas dari tim SABDA, maka masukan, testing, feedback, dan komentar rekan-rekan staf sangat menolong proses penyempurnaan Apps ini. Saya ingin menyerukan semboyan yang biasa diserukan pada akhir Scrum atau meeting di SABDA, "Kiranya Tuhan menolong kita semua!" Sekali lagi, saya hanya bersyukur bahwa saya, yang tidak layak, boleh diberi anugerah mengembangkan Apps ini. Impian saya adalah supaya banyak orang awam diberkati dalam belajar firman Tuhan.

Soli Deo Gloria !

Pengalaman Mengikuti Seminar “Church: The Bride of Christ”

Sun, 02/10/2019 - 15:12

Oleh: *Fransisco

Perkenalkan, nama saya Fransisco. Saya adalah mahasiswa Universitas Kristen Petra, Surabaya, yang sedang menjalani program magang di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) sebagai programmer. Pada Senin, 14 Januari 2019, saya bersama teman magang saya, dan beberapa staf SABDA diberi kesempatan untuk mengikuti Program Intensif (Progsif) dari MRII Solo. Judulnya adalah "Church: The Bride of Christ" dengan pembicara Pdt. Agus Marjanto yang adalah Gembala Sidang GRII Sydney. Ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti progsif.

Pdt. Agus memulai materinya dengan pengenalan tentang pentingnya gereja serta kelayakannya. Karena gereja adalah mempelai wanita Kristus, gereja harus suci, murni, tidak bercela, dan layak bagi Kristus. Namun, gereja zaman ini sudah tidak lagi murni dan suci. Gereja mulai tercemar oleh keinginan-keinginan manusia untuk meraup keuntungan, mencari kepopuleran, menyombongkan diri, dan lain sebagainya.

Setelah itu, Pdt. Agus melanjutkan penjelasan mengenai gereja dalam Alkitab. Gereja berasal dari kata "Eklesia" yang berarti "To Call Together". Dari kata tersebut, gereja berarti sekumpulan orang yang datang bersama dan bersatu untuk satu tujuan. Dalam Alkitab sendiri, kata "eklesia" ini mencakup lima pengertian, yaitu "Invisible Church", "Visible Church", "Local Church", "Regional Church", dan pejabat gereja. Ini semua merupakan hal yang baru bagi saya, sebab saya selalu berpendapat bahwa semua gereja adalah sama. Ternyata gereja memiliki lebih banyak pengertian dan jenis-jenis yang jarang sekali dibahas.

Dipaparkan sembilan hal penting mengenai gereja, yaitu:
1. Kristus sangat mengasihi gereja.
2. Kristus selalu hadir pada tiap pertemuan di gereja.
3. Gereja dan Kristus memiliki kesatuan yang mistikal.
4. Posisi gereja adalah pada realita yang lebih tinggi.
5. Gereja punya peran besar dalam membawa kerajaan Allah di bumi.
6. Allah menggunakan gereja-Nya untuk mengungkap rahasia kebijaksanaan-Nya.
7. Allah Tritunggal adalah dasar dari gereja.
8. Gereja adalah ibu dari orang-orang percaya.
9. Gereja adalah sarana berkat.

Dari sembilan hal di atas, bagian yang paling "mengena" bagi saya adalah "gereja sebagai ibu dari orang-orang percaya". Sebab, dari gerejalah kita dibimbing, dibina, dan dibentuk, "from conception, birth, nurture, care-guidance, until cultivation of godliness/piety". Inilah arti dari gereja sebagai ibu. Kemudian, karena waktu yang tidak cukup, Pdt. Agus hanya melanjutkan sekilas tentang keterkaitan Allah Tritunggal dengan gereja, diikuti aplikasi untuk mempersiapkan gereja sebagai mempelai Kristus.

Banyak sekali yang bisa saya pelajari dari progsif kali ini. Selain mengenai gereja, ada satu hal lain yang saya dapatkan; yakni bahwa pertumbuhan spiritual adalah hal yang personal, tetapi hal ini bekerja dalam komunitas. Saya menyadari bahwa untuk berkembang secara spiritual, saya tidak bisa bergantung pada diri saya sendiri dan harus berinteraksi dengan komunitas. Oleh karena itu, saya harus berusaha keras untuk menghilangkan individualisme dalam diri saya.

Howto Publish a Problem Statement

Thu, 02/07/2019 - 22:06

There are numerous writing solutions providing aid in writing providers. Our agency delivers the broadest and most complete selection of academic assistance. We ensure that our clients love multiple pro essay writing services all in a single price bundle. Other article solutions might be more successful in regard with their businesses but they're absolutely not anywhere near as effective as us. You'll never should change to several other article writing support. It's easy once you understand the best way to achieve a exceptional writing composition help. Simply tell us the means to enrich the article. Because we wish one to find the best / brilliantly article and need to see you on our site again really soon. You may purchase merely a bibliography to discover essay on higher education how well our authors carry through numerous forms of duties.

In the vast majority of cases it translate or will not clarify something for you.

Writing essays can become a waterloo for numerous pupils. Professional essay writing does not must come at high rates. We actual re-sell outdated essays. To guage an specialist documents creating service, you must be critical and must know the A to Z of skilled essays writing information. In case you purchase documents online, it really is truly essential that you just know whether the work remains in process or has been finished. As the majority of our authors are cases of Master's and Doctoral degrees, successful at supplying the best article writing solutions, we must cost clients an excellent quantity. Authorship is an essential ability that's employed in bunches of regions of life, particularly for those entering the work force, whether they're performing so as a member of staff or maybe a company possessor.

Fiverr, around the other hand, requires fourteen days to give you your $ 5, $4.

Should you need, it is possible to surely retain linked to your assigned writer through the use of the quick on line message board. The author has got the right to set some suggestions or warnings within this section. Immediately naming somebody this service is great isn't rational, and we aren't saying we're the ideal article writing service supplier. In the event you've got any suggestions concerning the literature to be used, you're pleasant to upload extra contents or simply supply some links. We execute several completely free services like provision of the entirely free outline, an absolutely free name site, a no price plagiarism record, entirely free bibliography pages, no price revisions and the amount of alterations is endless! Contrary to other article writing solutions, we've specified matter experts to check into your obtain. Along with these benefits, we additionally provide completely free alterations for your own composition buy. The skilled article authors shouldn't utilize unnecessary words or unambiguous phrases.

Thoughts can blend up and present the reader remarkable photos.

It ordinarily does not matter what type of composition you are required to do or what type of topic you will need it created on, the Article Writing Providers can assist you with this particular. If you are seeking the optimal / optimally essay writers online, you're in the appropriate position. You might want the support of expert essay writers now! The aim of the essay may also be mentioned within the initial sentence. To produce an essay isn't an effortless job. We have a easy and fool proof strategy to hand within an outstanding composition. We can take any type of article order regardless of how difficult it can be.

Repairing your relationship after he’s robbed for you – 12 mistakes in order to avoid

Mon, 02/04/2019 - 17:49

An article is a vital element in obtaining a scholarship. Also this article must provide full details regarding obtaining a scholarship easily. Obviously, be sure your essays will vary and can have diverse points of view. The finest faculty essays are the types that have a target. If you opt to follow scholarships by yourself without the help of the important college guidance office, then you definitely should be organized using an range of records. In case you might be seeking a scholarship, you've created an incredibly smart selection. Know about large websites like fastweb.com as there are numerous individuals inputting scholarships with this website and you may find yourself losing lots of time there.

An ob/gyn is a doctor expert who focuses on pregnancy, labor and issues of the system.

Throughout sophomore year is the right time to start assembling together all the materials you will need to submit an application for scholarships. Remember that if writing an article you're planning to reveal you deserve a scholarship. The cure is MORE SCHOLARSHIPS. Use today and receive the teaching you have attained. You might locate your self spending virtually essay on relax nothing on your education, centered on what scholarships you're awarded. The student needs to be tutored in the appropriate means of writing content in essays in order to compose a appreciable essay for the next assignment. Pupils should have a lot of varied women and men evaluate their composition before it's submitted in an effort to capture any grammatical blunders. While creating scholarship essays, they should consider some important factors. It really is essential that pupils take time to reassess their authorship for these things.

The name is therefore produced, because the label approved to the pupil is valedictorian.

School is more costly than ever. Having scholarships makes expenses a great deal more manageable for everybody, including mothers. You may utilize for at least 1 scholarship at once so that as you're waiting to see whether your title is selected, you may want to reap the benefits of this moment and notice whether you can find any additional scholarships which you could qualify for. There are quite a few scholarships offered to varied pupils. Understanding the objective of the scholarship is crucial to your success. Irrespective of what scholarship you place in your application for, do not get discouraged if you're rejected. It really isn't a straightforward matter to compose an essay regarding any subject to make a great comprehension about issue. Take note of the crucial names which you feel should enter the article. When you first complete the essay, believe that you simply're just mid-way.

An activity server doesn't must basically put the summons within your palm to serve you.

Just in case you happen to be searching for an essay free scholarship there's a fantastic location you're able to see them. The scholarship essay is an especially vital part several honours, even though there is no method for crafting the most outstanding essay every time, there are numerous measures that students desire to take to compose the best composition possible. Your scholarship essays furnish the evaluators the opportunity to understand about you. Initially, scholarship essay writing might look like an daunting task. Yes, it's nonetheless feasible to create a scholarship composition that generates result. The writing wasnot produced properly and smoothly. For me personally, composing essays isn't a straightforward undertaking. When you compose an essay, it is not unusual in order for this to need some quantity of modification.

A direct purchase approach (swim) enables you to buy share straight from the business.

The essay is the initial opinion and very possibly the just case you're heading to are able to supply the feeling of who you're. The ideal / brilliantly college documents achieve at least one of these goals, together with following some additional straightforward ideas. They follow the instructions flawlessly.

Pengalaman Pertama Mengikuti Rapat Kerja di SABDA

Sat, 02/02/2019 - 09:27

Oleh: Pram

Shalom, nama saya Pram, saya masih termasuk staf baru di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Saya bergabung dalam tim Multimedia, lebih tepatnya di bagian Audio dan Video. Ketika awal masuk, saya belum tahu apa yang akan saya lakukan. Saya menjalani berbagai macam orientasi untuk memantapkan pelayanan yang bisa saya kerjakan. Banyak hal yang saya pelajari di sini, terutama dalam pertumbuhan iman. Di YLSA, saya juga belajar untuk berkomunikasi dengan lebih baik.

Pada awal 2019, ada momen penting, yaitu pelaksanaan rapat kerja (raker) YLSA. Raker diadakan untuk mengevaluasi kinerja tahun sebelumnya dan membuat perencanaan kerja untuk tahun selanjutnya. Banyak sekali persiapan yang dilakukan menjelang raker. Teman-teman saling berlomba menyelesaikan laporan tugas masing-masing tim, dan yang sangat repot khususnya koordinator. Semua saling berkomunikasi untuk bersinergi dalam membuat rancangan tugas masing-masing. Pikiran saya pun berjalan ke mana-mana mencari tahu apa sebenarnya yang akan terjadi saat raker. Semua merasakan ketegangan menjelang raker. Banyak teman yang cukup pusing memikirkan presentasi yang harus dibawakan dalam raker ini. Saya melihat yang paling sibuk adalah Divisi Komunitas, karena divisi ini adalah divisi baru hasil restrukturisasi menggantikan tim-tim pelayanan yang lama. Saat ini, kami semua dituntut untuk bekerja lebih dinamis karena YLSA bergerak dalam pelayanan digital. Dalam persiapan raker ini, saya mendapat tugas untuk melaporkan kerja Divisi Audio-Video, khususnya melaporkan tugas divisi ini selama Juli sampai Desember 2018. Saya baru mulai bekerja di YLSA Oktober, dan yang telah saya selesaikan di antaranya, membuat cara rekaman atau dubbing (voice over) dengan cara yang baru dan sederhana, tetapi hasilnya lebih baik.

Raker diadakan pada Kamis dan Jumat, 24 -- 25 Januari 2019. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu pujian. Lalu, dilanjutkan dengan renungan singkat oleh pemimpin tentang pentingnya marketing/relationship. Oh iya, sebelum dimulai, kami juga sarapan pagi bersama. Menu yang istimewa membuat perut kita kenyang dan badan fit untuk mengikuti raker. Selain makan pagi dan siang, disediakan juga snack dan banyak macam minuman saset yang bisa dipilih sesuai selera. Wah, ini benar-benar acara istimewa menurut saya.

Terlebih dahulu tim ITS mempresentasikan laporannya, dan dilanjutkan dengan tim AYT. Menurut saya, tim ITS adalah divisi yang paling sulit, karena menjadi kunci utama pelayanan YLSA. Mereka banyak mengerjakan proyek-proyek biblika dan tools Alkitab yang dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi dan kemajuan zaman. Walaupun sangat sibuk, mereka bisa menjalaninya dengan penuh sukacita sehingga semua pekerjaan bisa dijalankan dengan sebaik mungkin. Saya merasa senang bisa ikut menikmati raker di YLSA. Setidaknya, saya menjadi lebih paham lagi tujuan dan harapan dari YLSA ke depannya. Bersyukur, hari pertama raker ini telah terlewati.

Pada keesokan harinya, acara raker dilanjutkan dengan presentasi Divisi komik, divisi baru yang dibentuk hasil restrukturisasi. Divisi ini membutuhkan sentuhan baru dengan tujuan untuk membuat orang tertarik belajar Alkitab melalui komik. Mulai dari hasil kerja, evaluasi, dan rencana dipresentasikan oleh teman-teman yang memiliki passion di bidang ini. Setelah tim komik, giliran saya untuk mempresentasikan laporan dan rencana Audio-Video. Presentasi saya juga bersamaan dengan presentasi multimedia karena kami tergabung dalam Divisi Multimedia.

Setelah selesai makan siang, dilanjutkan dengan presentasi dari Divisi Komunitas, yang terdiri dari banyak sekali komunitas pelayanan di YLSA. Masing-masing komunitas mempresentasikan hasil kerja dan rencananya. Di sini, saya melihat masih ada berbagai kekurangan, tetapi bisa dimaklumi karena mereka sedang menjajaki bidang ini dan masih perlu banyak belajar. Setelah itu, dilanjutkan dengan presentasi dari HRD dan admin. Di penghujung raker, kita juga kedatangan seorang tamu, Bapak Tjahjadi, yang membagikan kesaksiannya kepada kami semua untuk bisa berkompetisi di dunia kerja, tetapi harus dengan hati dan cara yang benar. Saya belajar banyak setelah bergabung di YLSA karena melalui YLSA, saya dibentuk untuk menjadi lebih baik. Kami semua didorong untuk menjadi orang-orang yang selalu kreatif dan berpikir maju sehingga bisa lebih baik dan lebih beriman. Amin.

How to Develop an Inexpensive Photography Lightbox

Wed, 01/30/2019 - 00:31

If you're still functioning your path via your training, don't worry! One other important idea that lots of pupils don't see is they can not locate an acceptance letter from their desire school as long as they neglect to make an impression by employing their school entrance documents. Numerous faculties will have various conditions, and that's the purpose why they obtain that you compose different kinds of admissions essays following special teachings.''Schools are examining the essays to decide if they can assist the student attain his objectives, maybe not only educational but expert too,'' claims Burt. 1 now you're aware that you will apply to business college, it is possible to begin to organize in a low - pressure manner. 7 It's vital that you just research your intended universities and know how to appeal to all of these. Company education has become the promising instructions to construct your livelihood. When you have actually employed composition writing services, you may be below the feeling it charges a good deal. Buying essays is considerably easier task in contrast with composition end for sure.

You are able to insert the qualification of support at the page's bottom.

You might make an effort to create an MBA admission essay together with MBA dissertation or research papers. You can rest assured our authors will do all the endeavor for you with joy. So, such men and women turn to the pro writers. To set it differently, you must tell the narrative of your every day life, your tastes, advantages, and goals. You can purchase article written from scratch for you, purchase an article being re written, purchase essay on-line editing or proofreading. To steer away from problems such as this, you might order any essay you will need at our website. Clearly, it is all up to you to actually compose the MBA entrance article by yourself Therefore, you should locate someone to assist you do your paper. The paper is going to be crafted centered on your own personal life encounters and aspirations.

It may also pass into kidneys and the ureter through the bladder.

It will be changed to fulfill your personality the perfect. Therefore, actually when you demand urgent personalized termpaper, you will receive it! It is a waste of room to inform them if not, also it might damage an applicant's chance of admission. With the totally free availability to the live chat, you've got a unique chance to keep in touch by way of your writer any moment during the training. So, there's absolutely no should be concerned about confidentiality. Even when you're not, they can guess you. Due to our highly capable and gifted group of experts and writers, you don't require to squander your time locating a resource to assist you with your school composition. You might be absolutely sure you'll receive the particular work you buy.

Fantasy diary when they get up each morning teen women may reveal their dreams.

All of it requires tons of time and amazing writing abilities Based on the type of learning of your postgrad system you may possibly or mightn't have sufficient time to finish an amazing assignment like D MA research document or MBA dissertation. You don't should own it in just about any distinguishing affordable essay writers format. What makes things so challenging is that though the essential framework of a university entry essay remains the very same, there's no one signifies to approach this type of documents. Because you can see in our purchase type, we provide the range of options and selections out there. Should you actually need to get what this means to get just what you spend for, put your buy at the moment. It indicates that you just may falsify the cost by correcting some pricing parameters. The cost that you include your order is dependent upon several variables and is described independently for every buy. You might order and purchase our essay merchandises at our business with no additional dressing table.

Menonton Serial ‘Person of Interest’

Sun, 01/20/2019 - 11:07

Oleh: *Fanya

Jumat, 26 Oktober 2018, dilalui tidak seperti hari-hari biasanya karena pada hari itu, kami mendapatkan kabar gembira akan ada sesi menonton film bersama. Sebagai anak magang yang sebelumnya belum pernah mengikuti sesi menonton film seperti ini, saya sangat antusias untuk mengetahui film apa yang akan kami tonton.

Setelah semua staf berkumpul di aula Griya SABDA, kami dijelaskan tentang garis besar film yang akan kami tonton. Ternyata, yang kami tonton bukanlah sebuah film, melainkan sebuah episode dari serial televisi berjudul "Person of Interest" yang merupakan serial televisi dari Amerika Serikat dan sudah ada semenjak 2011. Serial ini dibintangi oleh Jim Caviezel (John Reese) yang dahulunya juga pernah memainkan peran Tuhan Yesus dalam film "The Passion of the Christ". Benar saja, sepanjang menonton film, orang yang menonton pasti akan familiar dengan wajah khas milik Jim Caviezel.

Tak lama setelah penjelasan singkat, film pun dimulai. John Reese digambarkan sedang duduk di dalam gerbong kereta dengan penampilannya yang sangat berantakan seperti layaknya seorang gelandangan dan pemabuk. Sekelompok orang kemudian menghampirinya dan ingin mengganggunya. Karena merasa terganggu, dia pun menghajar orang-orang tersebut dan membuatnya harus berurusan di kantor polisi. Di sana, identitasnya pun mulai terungkap bahwa ia bukanlah orang biasa. Urusannya dengan kantor polisi membawanya pada pertemuan dengan seorang jutawan misterius bernama Harold Finch yang nantinya akan menolong Reese untuk menemukan kembali tujuan hidupnya setelah berkubang sekian lama dalam masa lalunya yang kelam. Reese pun menjadi seorang mata-mata yang membantu Harold Finch untuk menumpas kejahatan dan melindungi banyak orang di kota New York.

Selama kurang lebih satu jam, kami habiskan untuk menonton dan berdiskusi mengenai alur cerita film tersebut. Bagian terseru adalah ketika tengah menonton, kami berhenti pada beberapa adegan film dan kami harus menjawab beberapa pertanyaan atau menebak-nebak apa yang sedang terjadi dan mengapa. Beberapa tebakan jawaban dari beberapa staf membuat suasana menjadi semakin cair dan penuh dengan gelak tawa. Sungguh, suasana menonton yang sangat menyenangkan!

Di akhir film, kami diminta untuk mengutarakan pelajaran apa yang didapatkan dari film yang kami tonton. Setiap staf harus bisa memberikan jawaban, dan saya pun dibuat kagum -- ternyata dari 1 episode saja, ada belasan bahkan puluhan pelajaran yang bisa diperoleh! Ada yang belajar untuk tidak mudah putus asa, mengasihi sesama, menyadari akan kekurangan dan kelebihan masing-masing, hingga pentingnya memilih orang yang tepat dalam bekerja sama.

Dari pengalaman menonton tersebut, saya banyak belajar untuk tidak hanya menikmati suguhan film, tetapi juga bisa berpikir kritis tentang berbagai hal yang mungkin terjadi dalam film dan mengetahui pelajaran-pelajaran penting apa saja yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sungguh, pengalaman menonton film yang sangat menarik!

Natal Pertamaku di SABDA — “Berita Kelahiran”

Thu, 01/10/2019 - 13:49

Shalom pembaca setia blog SABDA. Bersyukur karena untuk keempat kalinya, saya bisa berbagi melalui blog ini tentang kebaikan Tuhan yang saya alami. Rabu, 19 Desember 2018, adalah hari yang sangat spesial bagi saya secara pribadi. Sebab, untuk pertama kalinya, saya bisa mengikuti perayaan Natal di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Keren! Kata itu mewakili isi hati saya ketika saya dan beberapa teman staf terlibat dalam kepanitiaan Natal. Saya juga merasa tertantang karena baru pertama kali ini, saya ikut serta dalam kepanitiaan. Akan tetapi, Tuhan sungguh baik. Seluruh staf yang ada akhirnya bisa bekerja sama untuk menyukseskan acara tersebut.

Perayaan Natal ini berlangsung mulai pukul 17.00 WIB. Jadi, pada pukul 16.30 WIB, seluruh staf dan pemimpin YLSA sudah mulai berdoa sebelum acara dimulai. Sekalipun belum pernah mengikuti Natal YLSA, saya dan Iwan, yang adalah staf baru, langsung dipercaya untuk menjadi MC. Adapun susunan acara ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah: Pembukaan, menyanyikan lagu pujian, "sharing" tentang "Berita Kelahiran" oleh beberapa staf SABDA (Indah, Yudo, dan Evie), pemutaran video LUMO, pesan inti Natal dari Ibu Yulia, penyalaan lilin, dan makan malam. Lalu, bagian kedua meliputi: Pengantar dan pengenalan tim komik, promosi komik, pemutaran video "The Story", diskusi serta "sharing" berkat dari video komik, dan diakhiri doa penutup.

Tidak seperti acara-acara YLSA yang biasanya, perayaan Natal tahun ini cukup santai dan menyenangkan. Sekalipun demikian, makna Natal itu tetap dirasakan oleh seluruh peserta dan kami, para staf. Saya sendiri mendapatkan banyak berkat dalam perayaan Natal tersebut. Contohnya melalui sharing dari beberapa staf yang saat ini sedang menantikan kelahiran anak mereka. Mereka menceritakan pergumulan, harapan, dan doa mereka. Dari situ, saya melihat Tuhan bekerja dalam perjalanan hidup mereka. Saya pun mendapat kekuatan dan semangat baru dari kesaksian yang mereka sampaikan. Bukan hanya itu, berita kelahiran Kristus itu sendiri semakin menguatkan saya bahwa Dialah Tuhan yang telah menyelamatkan saya.

Selain dari sharing staf, kami juga mendapatkan berkat dari presentasi peluncuran proyek SABDA Komik dan video komik "Kisah Kasih Abadi". Saya menyaksikan karya Tuhan yang dahsyat melalui dikerjakannya proyek SABDA Komik ini, sebab apa pun bisa Dia pakai menjadi alat-Nya dalam menyebarkan Kabar Baik. Komik juga dapat dipakai untuk memuliakan nama Tuhan, terutama untuk menjangkau banyak jiwa kepada-Nya. Tuhan hebat; Dia punya banyak cara.

Melalui perayaan Natal ini, saya menyadari bahwa berita kelahiran-Nya sungguh-sungguh membuat hidup saya menjadi lebih berarti. Berita kelahiran-Nya tidak hanya membawa sukacita, tetapi juga membawa keselamatan dan terang kepada semua orang yang mau percaya kepada-Nya. Kiranya melalui perayaan Natal kali ini, kita semakin mengerti akan makna sejati kelahiran-Nya dan dapat meresponsnya dengan benar; memberitakan Kabar Baik agar semua orang dapat percaya kepada-Nya dan memperoleh hidup yang kekal. Tuhan Yesus memberkati.

Pengalaman Merayakan “Thanksgiving” di YLSA

Fri, 01/04/2019 - 11:47

Saya sungguh bersyukur bisa merayakan “Thanksgiving” bersama teman-teman di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) menjelang akhir 2018. Dalam acara persekutuan saat itu, satu per satu dari kami membagikan ucapan syukur akan kasih setia Tuhan yang menopang kami sepanjang tahun. Ada banyak air mata, tetapi juga berlimpah sukacita. Saya sendiri merasa dikuatkan setelah mendengar pengalaman teman-teman ketika mereka ditolong oleh Tuhan. Sekali lagi, saya diingatkan bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah yang besar. Dialah Sang Pencipta yang tidak mungkin meninggalkan ciptaan-Nya.

Pada 23 November 2018, ketika perayaan ini diselenggarakan, saya diberi kesempatan untuk berbagi kepada teman-teman mengenai sejarah "Thanksgiving". Saya pribadi belum pernah mencari tahu tentang hal ini, tetapi karena “tugas” yang diberikan kepada saya untuk mencari informasi tersebut, saya jadi belajar dan mengerti asal usul perayaan “Thanksgiving”. Saya merasa diberkati dari hasil pencarian saya. Jadi, dalam kesempatan ini, saya ingin membagikannya.

Perayaan “Thanksgiving” pertama kali diadakan pada 1621 oleh satu koloni yang berlayar dari Plymouth, Inggris, menuju Amerika. Namun, mereka ini bukanlah orang biasa, melainkan sekelompok Kristen Calvinist yang taat dan berpegang kepada doktrin kekristenan secara ketat. Ketidaksetujuan mereka terhadap kebijakan dan ketetapan-ketetapan Church of England, yang bagi mereka tidak sesuai dengan yang diajarkan firman Tuhan, membuat mereka rela meninggalkan seluruh harta benda, bahkan negara kelahiran mereka. Mereka berjuang menempuh perjalanan panjang berbulan-bulan dengan membawa seluruh keluarga. Koloni ini tiba di Amerika pada musim salju yang begitu dingin pada 1620. Tidak ada satu pun rumah yang tersedia bagi mereka. Mereka terpaksa membangun tempat berlindung seadanya. Cuaca yang begitu dingin menyebabkan tanaman-tanaman yang diusahakan tidak ada yang berhasil. Mereka mengalami bencana kelaparan yang panjang. Banyak dari orang ini sakit parah, tidak dapat bertahan hidup, dan akhirnya meninggal. Namun, dalam masa-masa kritis itu, mereka tetap bertekun dalam doa dan puasa, sambil menyatakan kebergantungan yang penuh kepada Allah. Musim dingin yang panjang akhirnya lewat. Mereka bekerja keras mengusahakan lahan yang ada untuk bercocok tanam. Kemudian, Allah memberikan kesuburan tanah dan menganugerahkan hasil panen pertama dengan melimpah.

Perayaan “Thanksgiving” pertama diadakan selama tiga hari secara besar-besaran sebagai suatu bentuk ucapan syukur yang mendalam kepada Tuhan. Hari itu, mereka juga mengundang penduduk Indian setempat. Perayaan “Thanksgiving” pertama ini lalu menjadi satu cara bagi mereka untuk memperkenalkan Kristus kepada penduduk lokal Indian yang belum mengenal Tuhan; bahwa Allah yang mereka sembah adalah Allah hidup, yang mendengar dan menjawab doa mereka.

Ya, saya sangat terinspirasi dari kisah penetap koloni asal Plymouth ini. Allah menolong umat-Nya dengan tangan yang tidak terlihat. Kesulitan apa pun yang menghampiri hidup kita seharusnya membawa kita untuk mendekat kepada-Nya dalam doa. Tentunya, dengan hati yang selalu bersyukur. Kerap, kita menganggap remeh anugerah-anugerah yang kita terima setiap hari, dan menganggap bahwa sudah sepantasnya kita mendapatkan semua itu. Namun, begitu Tuhan mengizinkan kesulitan datang, kita langsung marah-marah kepada Tuhan. Fokus dan ingatan kita hanya tertuju kepada kesusahan-kesusahan kita, lalu kita melupakan seluruh kebaikan-Nya.

Melalui acara ini, saya juga diingatkan untuk tidak hanya bersyukur setahun sekali atau hanya ketika mendapatkan banyak berkat, tetapi juga melatih diri begitu rupa sampai sikap bersyukur bisa menjadi suatu kebiasaan; kebiasaan bersyukur kepada-Nya setiap saat, kebiasaan untuk senantiasa memuji nama-Nya terlepas dari pergumulan apa pun yang saya alami. Kiranya Tuhan menolong kita semua ya untuk memiliki kebiasaan bersyukur kepada-Nya dalam perkara besar atau kecil, dalam keadaan baik atau buruk (Mazmur 100:4-5).

Soli Deo gloria!