Bagaimana Mempelajari Alkitab

Saya telah menghabiskan sekitar 30 tahun mempelajari Firman Allah, dan itu telah benar-benar mengubah hidup saya. Saya berterima kasih kepada Allah untuk apa yang saya ketahui sekarang, tetapi itu tidak terjadi dalam semalam. Jika Anda ingin melihat perubahan dalam wilayah hidup Anda, belajarlah untuk benar-benar mempelajari Alkitab.

Mengapa Saya Harus Belajar Alkitab?

Alkitab bukanlah buku biasa. Firman di dalam halaman-halamannya seperti obat untuk jiwa Anda. Itu memiliki kekuatan untuk mengubah hidup Anda karena ada kehidupan di dalam Firman! (Lihat Ibrani 4:12.) Dan, ketika Anda menemukan kekuatan dan kebenaran Firman Allah, Anda akan mulai melihat perubahan dalam hidup Anda yang hanya dapat dibawa oleh kebenaran ini. Anda bahkan akan belajar bagaimana mengenali apa yang coba dilakukan oleh musuh untuk melawan Anda.

Kabar baiknya adalah, tidak memerlukan waktu sampai 30 tahun untuk mengetahui apa yang perlu Anda ketahui. Mulailah di mana Anda berada sekarang dan tetapkan untuk terus melakukannya! Setiap kali Anda mempelajari Alkitab dan memperhatikan apa yang Anda baca, Anda memepelajari sesuatu.

Amsal 4:20-22 mengatakan, "Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlah telingamu kepada ucapanku; ... Karena itulah yang menjadi kehidupan bagi mereka yang mendapatkannya ..." Kata "perhatikan" berarti menyimak, memberikan waktu untuk sesuatu. Untuk memperhatikan Firman Tuhan adalah jauh lebih dari sekedar membaca; itu berarti merenungkannya.

Kita perlu untuk menjadi sepakat dengan apa yang Tuhan ingin kita lakukan karena, sebagaimana diakatakan oleh penulis Amsal, firman itu hidup! Bila Anda membutuhkan sebuah kata yang menggembirakan, atau Anda berada dalam lingkungan yang negatif, ada baiknya untuk mengetahui bahwa Anda dapat menemukan kehidupan (ditambah penyembuhan dan kesehatan) dalam Firman Allah.

Apakah yang saya pelajari?

Tidak ada tempat yang benar-benar yang salah untuk memulai. Anda dapat mempelajari apa pun yang akan membantu Anda. Jika Anda sedang berhadapan dengan kemarahan atau takut, beralihlah ke bagian konkordansi Alkitab dan temukan kata-kata untuk melihat apa yang Kitab suci katakan tentang hal-hal tersebut.

Rekomendasi Alat-alat studi Alkitab:
Thompson Chain Reference Bible – referensi silang mengebai berbagai topik yang berbeda di seluruh Alkitab
Kamus Webster
Strong's Exhaustive Concordance – daftar dari Kitab-Kitab berdasarkan urutan kategori/topik
Vine's Expository Dictionary – kamus Yunani dan Ibrani
BibleGateway.com
Joyce's Teaching Notes

Jika Anda tidak dapat memikirkan apa pun dengan cepat, carilah melalui konkordansi di belakang Alkitab Anda dan pilihlah salah satu kata. Mulailah melihat semua yang direferensikan kitab suci dengan kata tersebut dan bacalah. Mintalah Roh Kudus untuk memimpin Anda, dan Dia akan membawa Anda dan mengungkapkan hal-hal untuk Anda.

Ketika saya pertama kali mulai belajar Firman, saya tidak memiliki hubungan yang baik. Saya tidak sungguh-sungguh mengerti apa arti dari cinta.

Ketika saya mempelajari masalah cinta, saya belajar bahwa itu adalah lebih dari perasaan lengket, Itu adalah keputusan tentang bagaimana Anda seharusnya mempercayai orang. Saya tidak tahu bagaimana harus mencintai orang, atau diri sendiri. Dengan mempelajari apa yang Alkitab katakan tentang cinta, saya belajar bagaimana mencintai. Lalu hidup saya mulai berubah.

Mampu menerapkan apa yang Anda pelajari untuk hidup Anda, seperti yang saya lakukan pada masalah cinta, hanya satu gambaran dari bagaimana cara mempelajari Alkitab.

Mudah-mudahan Anda mengerti mengapa Anda harus belajar dengan beberapa ide tentang apa yang harus dipelajari. Berikut adalah empat langkah yang dapat diambil untuk mulai menggali ke dalam Firman Allah saat ini:

Empat Langkah Efektif untuk Belajar Alkitab

  1. Menyisihkan waktu dengan sengaja. Saya membuat janji dengan Allah di pagi hari, tetapi jika itu tidak dapat berhasil untuk Anda, cari waktu yang lain ... bahkan jika itu tidak setiap hari. Apa pun yang Anda dapat lakukan, itulah yang perlu Anda lakukan. Mulailah di suatu tempat dan Anda akan melihat buah yang dibawa kali ini dalam hidup Anda!
  2. Buatlah persiapan untuk studi Alkitab Anda. Miliki tempat yang dapat Anda nikmati untuk menjadi ruang di rumah Anda di mana Anda bisa sendirian. Di suatu tempat Anda merasa nyaman dan senang berada di sana.
  3. Sediakan semua bahan Anda. Anda tentu saja akan membutuhkan Alkitab, tetapi juga sediakan kamus Alkitab yang baik, konkordansi, pena dan kertas. Dengan begitu, Anda tidak harus berhenti setiap beberapa menit untuk mencari sesuatu atau menulis sesuatu.
  4. Siapkan hati Anda. Berbicaralah dengan Tuhan tentang hal-hal yang mungkin perlu untuk Anda akui, dan masuki waktu belajar Anda dengan damai dan tanpa diganggu oleh apa pun yang dapat menghalangi Anda dari menerima pernyataan Allah selama penelitian waktu belajar Anda.

Buatlah waktu dalam hidup Anda untuk belajar karena ada kekuatan di dalamnya untuk mengubah hidup Anda dan menjadi oran sebagaimana yang Tuhan kehendaki. Setelah Anda melakukannya, Anda akan mengalami kedamaian dan sukacita untuk dinikmati setiap hari dalam hidup Anda! (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Joyce Meyer.org
Alamat URL : http://www.joycemeyer.org/articles/ea.aspx?article=how_to_study_the_bible
Judul asli artikel : How to Study the Bible
Penulis artikel : Joyce Meyer
Tanggal akses : 22 September 2016
Kategori Tips: 
Tipe Bahan: