Belajar Alkitab

"Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu." Amsal 22: 6

Sebagai seorang guru kelas satu, pekerjaan saya adalah untuk memastikan anak-anak belajar membaca. Kelas kami menulis di papan tulis, membaca buku, dan dengan mewarnai lembar kerja berwarna, tetapi salah satu siswa saya tidak memahaminya. Saya memutuskan untuk mengirim dia pulang dengan kaset yang menampilkan lagu-lagu tentang semua bunyi vokal, dan ia dengan cepat menjadi salah satu pembaca saya yang terbaik.

Semua anak memiliki bahasa pembelajaran mereka sendiri. Beberapa anak mempelajari hal-hal dengan melihatnya di dalam buku-buku, yang lain dengan menggambar, lainnya teringat dengan cerita bagus yang dibacakan. "Gaya belajar seseorang mempengaruhi cara mereka memahami dan mengelola informasi," kata Cynthia Tobias, penulis The Way They Learn (Cara Mereka Belajar - Red). "Itu membantu kami dalam menentukan apa yang masuk akal dan apa yang penting. Sebagai orang tua dan pendidik yang mulai melakukan pekerjaan rumah mereka, mereka menyadari betapa sungguh unik dan indahnya setiap anak."

Jadi, mengapa tidak memanfaatkan kekuatan ini ketika mengajar Alkitab? Tobias setuju bahwa itu adalah penting jika kita menginginkan anak-anak kita untuk memahami siapa Allah. "Tidak ada manfaat yang lebih baik dari gaya belajar selain ketika kita mengajar anak-anak kita tentang Perancang dan Pencipta mereka. Kita mengenal Dia secara pribadi, dan semakin banyak kita belajar tentang Dia melalui Firman-Nya, semakin kita menyadari kebenaran dari Mazmur 139, 'oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat,'" Di bawah ini adalah empat gaya belajar yang paling umum, beserta kegiatan-kegiatan belajar Alkitab yang menyenangkan. Ada beberapa cara yang bagus untuk menghubungkan anak Anda kepada Allah, dengan menggunakan gaya unik mereka masing-masing.

Gaya Belajar Visual/Verbal

Siswa-siswa ini melakukan yang terbaik ketika disajikan dengan informasi dalam format bahasa tertulis, seperti buku atau kata-kata yang ditulis di papan tulis. Informasi lebih masuk akal untuk mereka ketika itu disajikan dalam sebuah garis besar atau dalam format berurutan.

Kegiatan Pembelajaran

Pastikan untuk mengambil berbagai buku gambar yang menceritakan kembali kisah-kisah Alkitab.
Ambil jurnal kosong dan biarkan anak Anda membuat buku mereka sendiri yang menceritakan Firman Tuhan.
Mintalah anak Anda menghafal kitab-kitab dalam Alkitab dengan menuliskanya secara berurutan.

Gaya belajar Visual/Non-verbal

Jenis pembelajar ini menyukai informasi yang digambarkan dalam representasi visual yang kreatif. Mereka merasakan manfaat dari menonton film atau dari alat bantu visual dan cenderung artistik, merespon dengan baik pada peta-peta dan grafik.

Kegiatan Pembelajaran

Beli atau sewalah film yang menggambarkan pesan Injil di video. Dua film favorit saya adalah McGee dan Me dan VeggieTales.
Bantu anak Anda membuat filmnya sendiri yang menampilkan kisah Alkitab favoritnya.
Ketika mengajar pelajaran dari Word, ajar anak Anda mewarnai daerah pada peta di mana peristiwa berlangsung.

Gaya Belajar Kinestetik/Taktil

Para pembelajar jenis ini suka terlibat dalam kegiatan "hands-on" (permainan/aktivitas fisik) dan mendapatkan manfaat ketika mereka dapat secara nyata terlibat. Sangat penting bagi mereka untuk membentuk bahan dan untuk pergi ke luar dari lingkungan kelas.

Kegiatan Pembelajaran

Biarkan anak Anda untuk meniru ayat-ayat Alkitab dengan cara dihafalkan dengan menggunakan pena jelly warna-warni atau spidol, kemudian potong setiap kata dan campurkan kata-kata itu di lantai. Mintalah anak Anda menempatkan ayat kembali dalam urutan yang tepat.
Membuat cat jari buatan sendiri dan ajak anak Anda menuliskan bagian kitab suci dengan itu.
Cobalah mengajar ayat hafalan pada anak Anda dengan menggunakan bahasa isyarat.

Gaya Belajar Verbal/Auditori

Kelompok murid ini perlu mendengarkan informasi. Mereka mendapatkan manfaat dari mendengarkan informasi melalui CD dan presentasi lisan. Anak-anak dengan gaya belajar ini juga akan menikmati berinteraksi dengan orang lain untuk berbicara tentang pelajaran.

Kegiatan Pembelajaran

Belilah CD Alkitab dan putarlah selama waktu luang atau di malam hari sebelum tidur.
Bacalah ayat Alkitab bersama-sama dan kemudian membahasnya pada saat sarapan.
Bantulah anak Anda menyanyikan ayat-ayat Alkitab dalam menghafal.
Anda mungkin ingin mencoba masing-masing kegiatan tersebut sampai Anda menemukan gaya belajar anak Anda yang unik. Pada saatnya anak Anda akan menghargai banyak cara untuk dapat menyimpan Firman Allah dalam hatinya dan mempertahankan pengetahuan lebih lanjut darilebih jauh mengenaliSang Pencipta. (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:

J
Nama situs : Focus on The Family
Alamat URL : http://www.focusonthefamily.com/parenting/spiritual-growth-for-kids/draw...
udul asli artikel : Learning the Bible
Penulis artikel : Lynne Thompson
Tanggal akses : 27 Oktober 2016
Kategori Tips: 
Tipe Bahan: