Aimee Semple Mcpherson (1890-1944)

Aimee Semple McPherson adalah wanita pertama yang berkhotbah melalui radio pada tahun 1920. Walaupun ada beberapa kabar miring tentangnya dan gaya khotbahnya yang flamboyan dan dramatisir, dia dikenal sebagai pendiri International Church of the Foursquare Gospel. Gereja yang didirikan pada tahun 1927 tersebut bertumbuh menjadi denominasi Pentakosta yang besar.

Riwayat dan Pelayanan

Aimee lahir di Ingersoll, Ontario, Kanada; dia menjadi pemeluk Pantekosta pada tahun 1907 di bawah pengajaran Robert J. Semple, yang dinikahinya pada tahun 1908 sebelum mengikutinya melayani di China. Setelah kematian suaminya, dia kembali ke Amerika Utara dan bekerja sebagai pendeta di Full Gospel Assembly.

Aimee mengambil kesempatan berkhotbah di radio dan pada tahun 1924 karena ia menyadari betapa pentingnya siaran radio; organisasinya menjadi oraganisasi pertama yang membeli seluruh stasiun radio. Pada awal maraknya radio, seorang yang berjalan di kota Los Angeles bisa mendengar Aimee memberitakan Injil dari jendela-jendela yang terbuka.

Aimee memberitakan kombinasi Pietisme dan penyembuhan iman. Keempat pilar denominasinya adalah Yesus Sang Penyelamat, baptisan Roh Kudus, penyembuhan kelemahan manusia, dan kedatangan kembali Raja segala raja. Dengan gaya khotbah yang menjadi ciri khasnya, dia memusatkan ajarannya pada kasih dan pengampunan Kristus dan juga gagasan dari Millenarian (orang yang percaya bahwa Kristus akan berkuasa selama seribu tahun di bumi -- Cide Dictionary).

Pada tahun 1926, Aimee mendirikan sekolah Alkitab; dia juga menyaksikan denominasinya meluas menjadi 400 gereja, walaupun akhirnya terdapat beberapa perkara hukum atas kepemimpinannya antara tahun 1926 dan 1936.

Menghilang dan Akhir Hidup

Aimee menghilang pada bulan Mei 1926 dan sebulan kemudian ditemukan di padang gurun Kalifornia. Dia mengaku telah diculik. Tabloid-tabloid mengupas kejadian yang menimpanya dengan detail yang mengerikan dan menyedihkan. Namun bukti menjelaskan bahwa kisahnya mungkin dikarang. Dia menerbitkan otobiografi pada tahun 1927, ketika dia baru berumur 37 tahun. Dia mengalami kemunduran mental pada tahun 1930 dan meninggal pada tahun 1944, kabarnya akibat overdosis.

Aimee terus dikenang sebagai pendiri Foursquare Church, yang memiliki lebih dari 9000 jemaat di 48 negara. Dia adalah sebuah fenomena yang telah Allah pakai untuk menjangkau puluhan ribu orang. (t/Uly)

Diterjemahkan dan disunting dari:

Judul buku : 100 Christian Women Who Changed the 20th Century
Penulis : Helen Kooiman Hosier
Penerbit : Fleming H. Revell, United States of America 2002
Halaman : 322 -- 323
Tipe Bahan: 
Kolom e-Wanita: 

Komentar