Naomi

Disadur oleh: S. Setyawati

Tokoh wanita dalam Perjanjian Lama ada banyak, salah satunya adalah Naomi. Siapakah Naomi? Naomi adalah istri Elimelekh. Nama Naomi memiliki arti "kesukaanku, manis, dan menyelenggarakan". Ia memiliki dua anak laki-laki yang bernama Mahlon dan Kilyon (Rut 1:2). Dari kedua putranya itu, ia mendapatkan menantu Orpa dan Rut (Rut 1:4-5).

Suatu saat, karena ada kelaparan di negerinya, Betlehem-Yehuda, Naomi bersama suami dan kedua anak dan menantunya pergi mengungsi ke Moab (Rut 1:2). Akan tetapi, belum lama ia tinggal di Moab, suaminya meninggal dunia. Lalu, disusul juga oleh kedua anak laki-lakinya. Dengan begitu, Naomi hanya tinggal bersama dua menantu perempuannya. Karena peristiwa yang dialaminya, Naomi menyebut dirinya sendiri Mara (yang dalam Bahasa Ibrani berarti 'pahit', Rut 1:20-21). Setelah peristiwa yang menyedihkan itu, Naomi memutuskan untuk kembali kepada bangsanya dan menganjurkan kedua menantunya untuk kembali ke negeri asal mereka masing-masing agar dapat menikah lagi. Salah satu menantunya, Orpa, menuruti apa yang disarankan oleh Naomi. Sedangkan Rut, menantunya yang lain, memutuskan untuk tetap menemaninya.

Naomi inilah yang memperkenalkan Rut dengan Boas, sanaknya. Setelah itu, mereka menikah. Dari pernikahan mereka, lahirlah Obed, yang kemudian dianggap sebagai anak Naomi. Dan, dari Obed inilah lahir keturunan Daud. Demikianlah, Naomi, seorang wanita yang tegar dan menaruh hormat kepada Allah. Sekalipun kehilangan orang-orang terkasih, ia mendapatkan pemulihan dan namanya pun tercatat dalam Alkitab. Bahkan, dari padanya lahirlah orang-orang yang berpengaruh di dunia.

Disadur dari:

Nama situs : Alkitab SABDA
Alamat URL : http://alkitab.sabda.org
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 22 Agustus 2013
Tipe Bahan: 
Kolom e-Wanita: 
kategori: 

Komentar