Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Wanita

Tujuh Cara Positif Penggunaan Media Sosial oleh Orang-Orang Kristen

Dalam salah satu postingan sebelumnya, saya membagikan tujuh peringatan kepada para pemimpin Kristen mengenai cara mereka memakai media sosial. Postingan tersebut, berdasarkan topiknya sendiri, tidaklah positif. Akan tetapi, saya sungguh percaya bahwa media sosial dapat digunakan untuk kebaikan dan bagi kemuliaan Allah.

Dalam postingan kali ini, saya menunjukkan sisi lain dari media sosial. Saya melakukannya dengan keyakinan kuat bahwa banyak orang percaya telah menyikapi media sosial sebagai suatu wadah untuk membagikan Injil dan mendemonstrasikan kasih Kristus. Berikut ini tujuh saran yang dengan rendah hati saya tambahkan pada diskusi ini.

1. Berdoalah sebelum mengunggah suatu postingan. Satu hal yang telah saya pelajari dari media sosial adalah bahwa saya bukan orang paling cerdas. Saya memerlukan hikmat Allah untuk berkomunikasi dengan cara yang sedemikian agar membawa hormat dan kemuliaan bagi Dia. Itulah sebabnya saya harus memulai dengan doa.

2. Berikan dorongan kepada orang lain dalam media sosial. Sebagian nasihat terbaik yang pernah saya peroleh berasal dari orang-orang dalam media sosial. Saya sangat bersyukur atas banyak orang Kristen yang menggunakan wadah ini dalam ketaatan pada firman Allah, "Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan." (1 Tes.5:11)

3. Berilah jawaban dengan roh yang lemah lembut. Hendaknya kerinduan kita ialah untuk memenangkan hati, bukan memenangkan perdebatan.

4. Ingatlah siapa yang menyaksikan Anda dalam media sosial. Perkataan yang kita sampaikan satu sama lain sebagai orang Kristen dilihat oleh dunia. Wadah ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk menampilkan kasih Kristus lewat perbuatan. Hal ini mengantar kita pada saran berikutnya.

5. Pakailah media sosial sebagai kesempatan untuk mendemonstrasikan buah Roh. Allah melakukan pekerjaan besar melalui orang-orang dalam media sosial yang berusaha menyatakan buah Roh setiap kali mereka mengirim posting. "Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri." (Gal. 5:22-23)

6. Ciptakanlah suatu pelayanan doa melalui media sosial. Ingatlah senantiasa untuk mendoakan banyak hal yang Anda baca atau saksikan dalam media sosial. Beritahukan pada mereka bahwa Anda berdoa bagi mereka. Dalam blog ini, saya meminta orang-orang Kristen di seluruh dunia untuk berdoa bagi gereja-gereja tertentu setiap hari Minggu.

7. Usahakanlah untuk mencapai kesatuan tubuh Kristus malalui media sosial. Tentu saja ada banyak yang memisahkan diri. Namun, lebih banyak dari antara kita yang bisa dipakai Allah menjadi kekuatan besar untuk membawa persatuan bagi orang-orang Kristen seluruh dunia. Paulus mengatakannya dengan tepat: "Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan." (Kol. 3:14).

Saya sangat bersyukur atas begitu banyak di antara Anda yang menjadi saksi-saksi yang baik bagi Kristus lewat media sosial. Amat mudah bagi kita untuk menjadi negatif, karena hal-hal negatif menarik lebih banyak perhatian dan menciptakan arus yang lebih besar. Saya menantikan cerita Anda tentang penggunaan sosial media untuk membagikan Injil, mendorong sesama, menampilkan buah Roh, dan menunjukkan kasih Kristus dengan begitu banyak cara.
(t/Joy)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Thom Rainer.com
URL : http://thomrainer.com/2014/08/seven-positive-ways-christians-can-use-soc...
Judul asli artikel : Seven Postive Ways Chistians Can Use Sociel Media
Penulis artikel : Thom S. Rainer
Tanggal akses : 21 September 2017

Amsal 8:11

Kategori Tips: 
Tipe Bahan: